banner 728x90

PMII Mamuju Tumbuhkan Jiwa Jurnalisme yang Berintegritas di Era Digital  

banner 728x90

Muh. Yahya Hanafi saat memberikan materi pada kegiatan PC PMII Mamuju. (Ist.)

Mamuju, Katinting.com – Pengurus PMII Cabang Mamuju telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan propaganda media  yang mengusung tema, Menumbuhkan Jiwa Jurnalisme Yang berintegritas di Era Digital, berlangsung di Villa Sapota (Kelapa Tujuh).

Kegiatan yang berlangsung empat hari, 19-22 Maret 2020, di ikuti sebanyak 30 peserta, terdiri dari berbagai pengurus cabang dan komisariat yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.



Ketua panitia, Ramadhan A mengatakan, sebenarnya kegiatan ini, ingin kami laksanakan berdasarkan skala cabang saja yakni di ruang lingkup PMII Cabang Mamuju, tetapi melihat kondisi anggota maupun kader PMII hari ini terkhusus di Provinsi Sulawesi Barat yang sangat aktif dalam bermedia sosial maka kami berinisiatif untuk membuat skalanya lebih luas yakni skala Provinsi Sulawesi Barat.

“Kerena kita perlu menjemput semangat anggota maupun kader tersebut agar kedepaannya, dalam menggunakan media sosial,  tidak lagi terkungkung diwilayah menulis status dan sebagainya tetapi lebih kepada menulis sebuah berita ataupun artikel dan sejenisnya yang mampu memberikan informasi yang baik kepada apublik sesuai dengan fakta yang terjadi,” kata Ramadhan A.

Sedangkan Ketua Umum PMII Cabang Mamuju, Muhammad Hassanal Martullah berharap dalam pelaksanaan kegiatan peserta benar-benar serius dalam menyimak setiap apa yang disampaikan oleh pemateri narasumber sehingga sahabat-sahabat peserta mampu membuat ataupun menulis sebuah berita yang akan memberikan informasi kepada publik tentang kondisi dan situasi serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di Daerah Provinsi Sulawesi Barat tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

Masih kata Hasanal, Karena jarang sekali kita jumpai sekarang ini, kutipan-kutipan berita yang benar-benar berdasarkan data dan fakta yang tejadi di lapangan.

Sementara itu, Muh. Yahya Hanafi yang pembuka kegiatan sekaligus menjadi narasumber mengatakan bahwa, saya tidak ingin terlalu bercerita panjang lebar cuman saya ingin sedikit mengkritik dipersolaan temanya saja yakni menumbuhkan jiwa jurnalistik itu agak keliru bukan jurnalistik tetapi jurnalisme karena yang ingin kita  tumbuhkan dalam jiwa sahabat-sahabat ialah pemahaman tentang jurnalistik itu sendiri.

“Karena sekarang ini adalah zaman digital, semua serba menggunakan elektronik. saya dan PMII tidak mengiginkan sahabat-sahabat gagap dalam dalam bermedia sosial. Baik itu dalam proses menganalisasi berita, menulis berita ataupun menayangkan berita apa lagi men-share berita yang belum kita ketahui tingkat kredibilitasnya,” kata Yahya Hanafi.

Ketua AMSI Sulbar, Anhar saat memberikan materi. (Dok. Syamsuddin)

Laporan : Syamsuddin

Edit : Anhar

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PMII Mamuju Tumbuhkan Jiwa Jurnalisme yang Berintegritas di Era Digital  "