dprd sulawesi barat

PMI Sulbar Masih Kekurangan Banyak Peralatan

97 views
banner 468x60

Enny Anggraeny Anwar saat wawancara dengan sejumlah wartawan. (Srf)

Mamuju, Katinting.com – Ketua PMI Sulbar Enny Anggraeny Anwar mengakui Peralatan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar masih sangat kurang, sehingga menjadi salah satu kendala dalam memenuhi ketersediaan darah untuk warga yang membutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Enny saat menghadiri bakti sosial BI Sulbar dalam bentuk donor darah dan penyerahan bantuan peralatan transfusi darah berupa medical refrigerator dan electrikal sealer RRC kepada PMI Sulbar.

Menurut Enny yang juga wakil Gubernur Sulbar, alat yang tidak dimiliki PMI Sulbar saat ini diantaranya : pertama, Centrifuge, yang berfungsi memisahkan komponen-komponen dari cairannya, sehingga komponen tersebut dapat dilakukan pemeriksaan. Biasanya digunakan untuk memisahkan komponen darah (sehingga dapat terbentuk serum).

Kedua, Incubator, alat ini berfungsi untuk mempertahankan suhu optimal darah, kelembaban dan kondisi lain seperti karbon dioksida (CO2) dan kandungan oksigen.

Ketiga, Mikroskop, fungsi mikroskop secara umum adalah digunakan untuk melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) yang tidak mampu dilihat secara kasat mata yang terkandung dalam darah.

Keempat, Plasma Ekstraktor, fungsi alat ini untuk memisahan otomatis komponen darah dari kantong darah.

Kelima, Reagensi uji saring, fungsinya  digunakan dalam pengujian dan menganalisis bahan kimia dalam darah.

“Alat-alat tersebut memang nilai atau harganya sangat mahal. Sementara bantuan yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Sulbar itu melalui pemberian pelatihan kepada tenaga tekhnis dan UTD termasuk kantor PMI yang ada di jalan Martadinata,” kata Enny.

Sementara untuk dua unit mobil operasional unit transfusi darah, dan satu unit blood refrigerator yang digunakan PMI Sulbar saat ini merupakan hasil bantuan dari BPD Sulselbar.

“Somoga tahun ini PMI dapat menempati RSUD yang lama sebagai kantor permanen, karena Pemprov sudah memberikan persetujuan. Sehingga kedepanya bisa dekat untuk melakukan donor darah, termasuk kerja sama,” pungkasnya.

(Syarifuddin)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar