banner 900x90

PKK Tammeroddo Manfaatkan Pekarangan Tanam Sayur dan Toga

99 views
banner 900x90

TP PKK Desa Tammeroddo saat menanam sayur-sayuran. (Iqbal)

Majene, Katinting.com – Sejumlah ibu rumah tangga yang tergabung dalam TP PKK Tammeroddo, Kabupaten Majene memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk menanam sayuran, tanaman obat dan bunga hias.

Tanaman sayuran berupa sawi, kangkung, bayam, daun kelor, terong, cabe dan buah tomat. Sedangkan Toga atau tanaman-tanaman obat keluarga seperti, sambiloto, kumis kucing, pecah beling, cocor bebek, dan lainnya.

Seorang ibu Tim PKK, Hj. Nurani Sofyan. S.Kep., mengatakan, pemanfaatan lahan pekarangan sama dengan mendekatkan pasar kerumah. Selain untuk dikonsumsi, juga bisa meningkatkan taraf ekonomi secara bertahap.

“Selain memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga, bisa juga dipasarkan. Ini bisa menambah pendapatan keluarga,” ucapnya.

Dengan begitu, diharapkan bisa hidup sehat dan sejahtera. “Apalagi realisasi program PKK Desa, ada disetiap kelompok dasawisma, mereka punya masing-masing kebun, selain menanam didepan rumah, juga ada disamping kantor desa, dan alhamdulilah tahun kemarin ada lomba tribina BKL yang menjadikan Desa Tammerodo juara 1 tingka Kabupaten.” Ucap Hj. Nurani.

Sambung menurutnya, di Desa Tammerodo juga ada program pembinaan kader Posyandu, pelatihan kelompok Dasawisma, pelatihan kelompok BKB.

“Kami juga adakan senam, tapi ini kami tidak rutin senam, karena kami fokus dikerja bakti, dimana kata ibu-ibu kerja bakti juga senam. Ada juga pembinaan administrasi, sosoalisasi pemanfaatan pekarangan, pertemuan silaturrahim setiap bulan berjalan, mengadakan lomba kelompok dasawisma,” Pungkasnya.

(Iqbal)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.