banner 728x90

Pilkades Serentak Matra di Ikuti 157 Peserta

1831 views
banner 728x90
Foto: tes tertulis para calon Kades di Matra

Foto: tes tertulis para calon Kades di Matra

Katinting.com, Pasangkayu – Tahapan pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak di Mamuju Utara (Matra) telah selesai seleksi berkas dan tes tertulis yang berlangsung di gedung SMPN 1 Pasangkayu Minggu kemarin 6 Maret.

Menurut Kepala Sub Bidang Administrasi Pemerintahan Desa BPMPD Matra Abdul Azis bahwa, ada 157 bakal calon Kades yang mengikuti ujian dan diberi tugas untuk menjawab sebanyak 65 soal pilihan ganda dan 5 soal essai.

Materi yang diujikan terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan, seperti tata kelola pemerintahan desa, wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, serta psikotest.

“Jadi soalnya dibuat oleh akademisi. Waktu yang diberikan untuk menjawab soal tersebut selama 90 menit,” terangnya.

Pelaksanaan test tertulis ini sambung dia, untuk mengukur sejauh mana kualitas keilmuan dari setiap individu bakal calon desa tersebut. Hasil ujian tertulis ini juga akan menjadi salah satu nilai akumulasi untuk menentukan mereka lolos sebagai bakal calon kades atau tidak.

“Jadi nanti akan diurut mulai dari nilai tertinggi hingga terendah, dan nilai itu nantinya akan diakumulasikan dengan hasil fit and propertest, untuk menentukan apakah yang bersangkutan bisa menjadi calon kades atau tidak, khususnya di desa yang bakal calonnya melebihi dari lima orang,” jelasnya.

Selanjutnya kata Azis, usai pelaksanaan test tertulis, Senin kemarin (07/03) panitia kabupaten yang diketuai langsung oleh Bupati Matra melakukan fit and propertest kepada para bakal calon Kades sebagai tahap akhir penentuan kelulusan menjadi calon kades. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.