banner 728x90

Pilkada Pasangkayu, Dukungan DPP Golkar dalam Genggaman Yaumil

banner 728x90

Dokumen Bersampul Warna Kuning Yang Diduga Rekomendasi Paketan Dari DPP Golkar Pada Pilkada Pasangkayu (kiri), Yaumil Ambo Djiwa (kanan) Bakal Calon Bupati Pasangkayu. (Dok. Ist.)

Pasangkayu, Katinting.com – Tak susah bagi Yaumil untuk mendapatkan persetujuan DPP untuk mengendarai partai Golkar pada pemilukada Pasangkayu 2020 ini, pasalnya, sedari awal lahirnya daerah otonom ini, ia sudah berseragam kuning, warna identik Golkar.



Setelah Abdullah Rasyid dinyatakan siap maju calon bupati Pilkada tahun ini melalui jalur independen, desas-desus sebelumnya ramai dibicarakan jika Golkar masih berpeluang diambil oleh Muhammad Thamrin Endeng.

Namun, langkah taktis politisi Yaumil Ambo Dijwa melakukan pendekatan ke DPP, kini membuahkan hasil. Pasalnya, pada hari Sabtu, 21 Maret 2020, ia dan sejumlah kader Golkar mendapatkan persetujuan pencalonan bupati di daerah masing-masing.

Itu sesuai dengan surat keputusan DPP Partai Golkar, Nomor: B-173/Golkar/III/2020, tertanggal 20 Maret 2020. Hal tersebut dibocorkan Yaumil ke media pada Sabtu, 21 Maret 2020 melalui jaringan telpon.

Namun, saat ditanya soal nama Herny Agus yang tersirat dalam sebuah dokumen bersampul warna kuning yang diduga rekomendasi paketan dari DPP Golkar pada pilkada Pasangkayu, Yaumil menyangkal.

Ia menyebut jika hanya dia yang mendapat persetujuan DPP Golkar. Soal, paketan dirinya dengan Herny Agus, kata Yaumil, itu masih menunggu hasil survei, sekira akhir Maret atau atau awal April 2020.

Begitupun yang disampaikan Saifuddin A Baso. Kata sekretaris Golkar Pasangkayu ini, nama Herny Agus yang muncul pada dokumnen tersebut bukan hasil rekomendasi, tapi melainkan daftar hadir. Meski dibantah, namun dari kolom daftar dokumen disebutkan nama bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

Muhammad Yusri Nur, bakal calon wakil Abdullah Rasyid dari jalur perseorangan, juga mengakui sejak awal ia sudah yakin jika Golkar akan digunakan Yaumil nanti. Itu bukan tanpa alasan, karena ia selaku ketua Perindo Pasangkayu, yang telah membesarkan partai tersebut, sudah direbut Yaumil.

Di Pilkada Pasangkayu, Sulawesi Barat, beberapa waktu lalu sejumlah nama santer terdengar, di antaranya, Yaumil Ambo Djiwa, HM Saal, Abdullah Rasyid, Lukman Said, Herny Agus, dan Muhammad Thamrin Endeng.

Namun kesemua nama tersebut, di akhir-akhir ini mengerucut menjadi tiga, yakni Yaumil Ambo Djiwa, HM Saal dan Abdullah Rasyid. Tapi tidak menutup kemungkinan lebih dari itu.

Hal itu tak lepas fakta-fakta terakhir, baik itu melalui jalur independen seperti yang dilakukan Abdullah Rasyid-Muhammad Yusri Nur, atau HM Saal-Musawir Aziz Isham dengan mengamankan Hanura dan Demokrat, sebab sudah memenuhi kursi sebagai syarat.

Dan Yaumil masih dalam tahap penjejakan untuk mencari wakil. Ada nama Herny Agus yang belakangan mencuat, tapi itu masih belum jelas. Sebab, Lukman Said, ketua PDI Perjuangan Pasangkayu juga mengklaim jika Herny Agus besar kemungkinan mewakili dirinya pada Pilkada nanti.

Yaumil Ambo Djiwa di ruang kerjannya di gedung DRRD Pasangkayu, Rabu, 18 Maret 2020, demi memperkuat dukungan dari partai, ia menyampaikan keinginannya untuk merebut 22 kursi dari total 30 kursi di DRPD Pasangkayu, diduga ia hanya menyisakan Hanura dan Demokrat.

Ini memperkuat pernyataan sebelumnya, saat ia mendaftarkan diri di partai Perindo Pasangkayu, Kamis, 23 Januari 2020, bahwa dirinya tak ingin melawan kotak kosong pada Pilkada Pasangkayu 23 September akan datang. Ia beralasan, jika tiga pasangan menjadikan mudah bagi dia memenangkan Pemilukada.

 

Arham Bustaman

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pilkada Pasangkayu, Dukungan DPP Golkar dalam Genggaman Yaumil"