banner 900x90

Peringati HKN Ke-54, Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita

87 views
banner 900x90

Habsi, Suaib dan dr. Firman saat peringatan HKN ke-54 di Sampaga. (Foto : Anhar)

Sampaga, Katinting.com – Meski diguyur hujan, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 yang diperingati setiap tanggal 12 November berlangsung meriah, dipusatkan di lapangan Bunde, Kecamatan Sampaga.

Mengusung tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” giat HKN dihelat selama sepekan mulai hari ini 8 November 2018 dengan sejumlah rangkaian kegiatan seperti lomba olah raga, lomba seni dan bakti sosial.

Peserta yang hadir adalah seluruh perwakilan PKM se-Kabupaten Mamuju ditambah dari perwakilan RSUD Mamuju, RS Mitra Manakarra, RS Bhayangkara Polda Sulbar dan Dinas Kesehatan Mamuju.

Dalam sambutannya, Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengajak, “Ayo hidup sehat, mulai dari kita. Merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan. Ini akan dapat mengubah pola hidup apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di daerah ini,” katanya saat membuka pelaksanaan HKN Ke 54 di Bunde, Kecamatan Sampaga.

Peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, dan ini sejalan dengan program pemerintah daerah yaitu Mamuju Mapaccing.

“Gerakan masyarakat hidup sehat adalah upaya pemerintah menyejahterakan masyarakat,” ucap Habsi Wahid.

Lanjut Habsi Wahid, kalau tidak ada para petugas kesehatan,  masyarakat tidak akan sehat. “Karena kalian adalah pelayan kesehatan yang telah berbakti dan tidak pernah lelah dalam menjalankan tugas. IPM Mamuju yang mencapai 73 persen saat ini itu juga karena andil para pelayan kesehatan,” sebutnya.

Tema HKN dan gerakan masyarakat hidup sehat 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Ia mengimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur-sayuran dan buah-buahan. “Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat.”

Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat dibutuhkan. “Dan saya berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas partisipasinya menyukseskan kegiatan ini,  meskipun lapangan diguyur hujan,” pungkas Habsi Wahid.

Sementara itu, seorang panitia, Usman, S.Kep yang juga Kepala PKM Tarailu saat wawancara dengan Katinting.com menyampaikan, rangkaian kegiatan HKN berupa kegiatan kesehatan, olahraga dan bakti sosial.

Kegiatan olahraga ada tiga yaitu, bola volley, sepak takraw dan tenis meja. Kemudian lomba hiburan ada empat, lari pakai bakiak, lari karung, engrang dan lari kelereng.

Sambung kata Usman, bakti sosial berupa pelayanan kesehatan, penyuluhan pasar sehat dan pemeriksaan kanker dini.

(Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.