Pentingnya Perda ASI, Menurut Gubernur Sulbar Untuk Peningkatan SDM

 

Anwar Adnan Saleh

Anwar Adnan Saleh

Katinting.com, Mamuju – Peraturan Daerah (Perda) Air Susu Ibu (ASI) sangat berguna untuk melahirkan generasi muda di Sulawesi Barat (sulbar) yang sehat dan cerdas untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh.

“Ketetapkan bersama antara pemerintah dan DPRD Sulbar dalam melahirkan Perda ASI sesuatu yang sangat indah dan berharga bagi generasi muda Sulbar dan meningkatkan SDM,” kata Anwar di Mamuju, Minggu (03/01).

Lahirnya Perda tersebut diharapkan kedepannya akan berjalan dengan baik, sehingga dapat menciptakan generasi muda yang sehat dan cerdas dalam rangka meningkatkan SDM yang akan berperan bagi suksesnya pembangunan daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Sukri Umar, Sekertaris Komisi I DPRD Sulbar mengatakan Perda ASI tersebut sangatlah penting, juga untuk mencegah generasi muda Sulbar menjadi korban susu formula. “Budaya instan dengan susu formula kian menggusur kultur masyarakat, yang semestinya ASI berperan meningkatkan sumber daya yang kualitas,” katanya.

Sebelum menetapkan Ranperda, DPRD Sulbar melakukan studi banding, dan Sukri menjelaskan hasil studi bandingnya di Dinas Kesehatan Sulsel diketahui bahwa selama ini susu formula telah mengakibatkan generasi muda sering sakit-sakitan.

“Dulu yang mengkomsumsi ASI daya tahan tubuhnya pasti lebih kuat, susu formula yang banyak dipasaran itu sangat mengerikan, hanya mengejar keuntungan saja tanpa pertimbangan kemanusiaan,” tuturnya.

Sehingga menuturnya, Ranperda ASI yang ditetapkan menjadi Perda penting untuk meningkatkan SDM manusia di Sulbar agar kelak dapat lahir generasi yang kuat dan handala bagi pembangunan Sulbar. “Maka dari itu, melalui Perda ini kita dorong pembangunan yang berkelanjutan sesuai rencana,” pungkasnya. (A/Anhar Toribaras)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar