banner 728x90

Dana BOS Sejumlah Sekolah di Matra Belum Transparan

1248 views
banner 728x90
Sekretaris LAKI Matra Awaluddin

Sekretaris LAKI Matra Awaluddin

Katintiing.com, Pasangkayu – Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Mamuju Utara (Matra) menilai penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) oleh sekolah-sekolah yang ada di Matra belum transparan.

Itu disampaikan oleh Sekretaris LAKI Matra Awaluddin, Kamis 31 kemarin Maret. Kata dia, berdasarkan hasil penelusurannya ke sekolah-sekolah, pihak sekolah seolah masih menutup-nutupi pembelanjaan dana BOS nya ketika hendak dikonfirmasi, sehingga tidak jelas apakah pembelanjaan dana Bos itu telah sesui dengan petunjuk teknis (juknis) yang ada atau tidak.

Kondisi itu sambung dia, membuat dana BOS rawan diselewengkan, yang pada akhirnya membuat pembangunan bidang pendidikan tidak bisa maksimal dilakukan.

“Banyak sekolah yang tidak memasang papan pembelanjaan dana BOS nya, padahal itu mestinya ada, ketika dikonfirmasi kepihak sekolah pun terkait pembelanjaan dana BOS nya kadang enggan membukanya secara transparan,” ungkapnya.

Olehnya ia meminta kepada pihak sekolah pengguna dana BOS agar membuka secara trasparan pembelanjaan dana BOS nya, agar semua publik bisa mengetahui sekaligus bisa mengawasi penggunaannya.

Awaluddin juga mengaku, akan membawa persoalan itu untuk dibahas dengan Dikbudpora Matra dan bupati Matra.

“Saya juga ingin berdiskusi dalam dengan Dikbudpora Matra terkait Juknis penggunaan dana Bos ini” terangnya. (Joni)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.