banner 900x90

Pendidikan Politik Kaum Muda

39 views
banner 900x90

Ketua KPU Majene, Surkhmat Haqqani S.Sos., M.Si. (Iqbal)

Majene, Katinting.com – Ketua KPU Majene, Surkhmat Haqqani S.Sos., M.Si menyampaikan pentingnya partisipasi politik kaum muda pada Pemilu 2019 nanti. Itu sampaikan saat pelatihan peningkatan kapasitas politik kaum muda yang diadakan oleh dinas pendidikan dan pemuda olahraga Kabupaten Majene di aula Wisma Dr. Wayang.

Surkhmat mengatakan, bahwa saatnya kesadaran politik kaum muda digugah dan dibangkitkan untuk mendorong kualitas hasil pemilu, politik tidak boleh lagi dipahami sebatas pelaksanaan prosedural yang tidak mementingkan substansi.

Olehnya itu substansi politik dalam kaitannya dengan pemilu adalah terpilihnya Caleg (calonĀ  legislatif) yang berkualitas dan berintegritas, karena hanya caleg yang berkualitas dan berintegritas tinggilah yang akan menghasilkan parlemen yang baik.

Parlemen yang baik tercipta jika legislator yang mengisinya punya wawasan dan kepedulian terhadap kepentingan rakyat, mampu memperjuangkan dan mengartikulasikan kepentingan rakyat tersebut kepada lahirnya kebijakan-kebijakan atau keputusan-keputusan politik yang memihak rakyat,ucapnya.

Lanjut, agar idealitas-idealitas tersebut diatas terpenuhi, maka kaum muda harus memiliki kesadaran politik yang tinggi, kritis dan progresif. Dengan kesadaran tersebut, kaum muda diharapkan menjadi motor penggerak lahirnya kesadaran politik rakyat secara luas untuk tidak asal pilih Caleg di TPS.

Kaum muda juga sebagai ‘opinion leader’ harus menyuntik kesadaran rakyat untuk memilih Caleg berdasarkan pertimbangan kualitas dan integritas Ccaleg, kareba Caleg yang baik dan memenuhi kriteria kualitas dan integritas harus didorong melalui opini publik untuk dipilih, sedangkan caleg yang tidak memenuhi kriteria tersebut diatas diabaikan saja.

Politik adalah tentang kepentingan hajat hidup rakyat untuk satu periode pemilu kedepannya,ucapnya.

Ia menentukan seberapa besar lapangan kerja tersedia bagi kaum muda pencari kerja. Politik menentukan seberapa besar pendidikan berkualitas yang berbiaya terjangkau, tersedia untuk kaum muda harapan bangsa. Politik juga menentukan tersedia atau tidaknya layanan kesehatan yang unggul bagi kaum muda anak bangsa, agar mereka tidak menjadi generasi lemah dan sakit-sakitan. Oleh karena itu, kata Surkhmat, kesadaran dan partisipasi politik amat penting artinya bagi kaum muda.

Kesadaran politik untuk memahami masalah-masalah yang diderita rakyat, dan partisipasi politik untuk proaktif mendorong caleg-caleg berkualitas untuk memperjuangkan amanat rakyat tersebut.

Diakhir materi, saya mengajak anak-anak muda berpotensi tersebut untuk menggerakkan rakyat di Pemilu 2019 untuk 3 hal, pertama, cermati dan bandingkan para Caleg secara kritis dan rasional, kedua, pilih Caleg yang cerdas dan berkualitas untuk parlemen yang pro-rakyat, dan ketiga abaikan Caleg yang tidak berkualitas. Kunci Surkhmat.

(Iqbal)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.