banner 728x90

Pemprov Sulbar Usulkan 1 Triliuan Untuk Pembangunan Infrastruktur Jalan Mamuju Sampai Tator

banner 728x90
Anwar Adnan Saleh

Anwar Adnan Saleh

 

Katinting.com, Mamuju – Kepada pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengusulkan pembangunan jalan dari Kabupaten Mamuju ke Mamasa sampai ke Kabupaten Tana Toraja (Tator) Provinsi Sulawesi Selatan.

Pembangunan jalan yang direncanakan tahun ini, dalam bentuk proyek multi years, “Pada prinsipnya pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum akan menggelontorkan anggaran lebih dari satu triliun untuk merampungkan proyek tersebut,” kata Anwar Adnan Saleh, Jumat (22/01).

Jalan yang panjangnya mencapai 140 kilometer itu, akan menelan anggaran besar karena dibangun pada medan yang sulit dan melintasi gunung yang tinggi. Namun itu, menurut Anwar pemerintah di Sulbar tetap optimistis mampu mengerjakannya.

Sambungnya, anggaran tahap pertama itu sebesar Rp420 miliar dan untuk merampungkannya akan dikucurkan lagi pada tahap kedua dengan anggaran mencapai Rp900 miliar.

Menurut Gubernur, saat ini jalan poros Mamuju sampai ke Mamasa telah dikerjakan hingga 30 persen, dan dibutuhkan lagi untuk kelanjutkan pengerjaannya hingga Kabupaten Tator. Dengan dibangunnya infrastruktur jalan ini kedepan Anwar berharap sektor pariwisata Mamasa dan perekonomian warga bisa meningkat.

“Jalan antara Mamasa dan Toraja selama ini tidak bisa tembus dilalui kendaraan karena tidak adanya akses jalan, itu salah satu kendala tumbuhnya ekonomi Mamasa dan Sulbar dari sektor pariwisata. Sehingga diharapkan antara Mamasa dan Tana Toraja yang memiliki kesamaan budaya, bisa berkembang dengan dukungan infrastruktur jalan yang ada,” katanya. (A/Anhar Toribaras)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.