banner 900x90

Pemprov sampai Pemkab Diharap Serius Antisipasi Dini Dampak Gempa

202 views
banner 900x90

Munandar Wijaya Ramlan. (Foto : Arwin)

Mamuju, Katinting.com – Intensitas Gempa dirasakan di wilayah Sulbar, yang berpusat di Kabupaten Mamasa, sehingga pemerintah diminta dalam membangun fasilitas publik memperhatikan konstruksi yang tahan gempa.

BACA JUGA : Dalam Membangun, Pemerintah Diminta Perhatikan Konstruksi Tahan Gempa

Menanggapi hal tersebut, Munandar Wijaya Ramlan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat kepada Katinting.com via WhatsApp menyampaikan, sudah semestinya Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan semua pemerintah kabupaten harus mulai memikirkan secara serius langkah-langkah antisipasi meminimalisir dampak-dampak negatif bencana.

“Memang dengan mulainya kita saat ini di wilayah Sulawesi Barat merasakan gempa bumi yang keseringan pasca gempa di Palu, sudah semestinya Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan semua pemerintah kabupaten harus mulai memikirkan secara serius langkah-langkah antisipasi meminimalisir dampak-dampak negatif bencana,” kata Munandar kepada katinting.com, Rabu (7/11).

Sambung Munandar yang juga putra Kabupaten Mamasa, pemerintah sudah mesti bercermin pada kejadian-kejadian diberbagai daerah yang telah merasakan dampak gempa, seperti di lombok dan khususnya di Palu baru-baru ini.

Masih kata Munandar, paling tidak langkah antisipasi dini adalah pertama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten sudah mulai membuat ketetapan kebijakan perencanaan dan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan gedung fasilitas pemerintah lainnya sudah wajib tahan terhadap gempa. Kedua pemerintah harus dapat menyiapkan langkah-langkah serius dari sisi anggaran dan aksi nyata untuk sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang cara menyikapi bila terjadi Gempa. “Ini penting agar tidak terjadi kekhawatiran yang berlebihan kepada masyarakat ketika terjadi gempa, masyarakat bisa lebih mengenali jenis-jenis gempa dan langkah antisipasinya,” jelasnya.

Menjawab dorongan di DPRD Sulbar agar pembahasan tahun anggaran 2019 memperhatikan atau menekankan pembangunan berbasis tahan gempa, Munandar menjawab, “Insyaallah ini akan kami dorong di DPRD kepada pemerintah untuk serius menyikapi fenomema gempa yang mulai meresahkan wilayah kita ini. Prinsip pencegahan lebih baik di kedepankan,” pungkasnya.

(Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.