banner 728x90

Pemkab Mamuju Launching JAS Amat Bersih di Hardiknas

1064 views
banner 728x90

Para pedagang yang ikut Upacara

Para pedagang yang ikut Upacara

Katinting.com, Mamuju – Bertepatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal, 02 Mei, Pemerintah Kabupaten Mamuju resmi melaunching program Perlindungan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Sehat dan Bersih disingkat JAS Amat Bersih.

Program ini digagas Kepala Badan  Ketahanan Pangan, Pelaksana  Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Mamuju, Nehru Sagena.

Usai membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional, Bupati Habsi Wahid mengatakan program JAS erat kaitannya dengan Gerakan  Mamuju Mapaccing yang telah digalakkan kurang lebih dua bulan terakhir. Terkhusus kepada anak-anak sekolah, dirinya berharap melalui program JAS tersebut mulai saat ini meninggalkan semua kebiasaan-kebiasaan untuk jajan  yang tidak sehat dan tidak aman.

Bupati berjanji akan  memberikan bantuan kepada pelaku-pelaku ekonomi mikro yang tersebar di beberapa sekolah yang ada di Kota Mamuju.

“Insya Allah dalam waktu dekat, Pemerintah Daerah akan memfasilitasi kepada 30 pelaku–pelaku ekonomi mikro dengan  gerobak,” ujar Habsi.

Dirinya juga menghimbau kepada para orang tua maupun para pendidik setiap hari untuk mengingatkan anak-anaknya untuk menikmati jajanan yang sehat. Tak sekedar itu, menurutnya yang tak kalah penting adalah dampak dari jajanan tersebut  yakni sampah yang ditimbulkan. Sehingga dia mengajak kepada semua pihak untuk memperhatikan kebersihan di sekitar lingkungan sekolah.

“Saya mohon kepada guru-guru untuk senantiasa memberikan pembinaan dan pengajaran kepada anak didik kita agar terbiasa bersih-bersih sejak dini,” pungkas Habsi.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Zali mengaku senang dan menyambut baik program JAS Amat Bersih tersebut, karena menurutnya anak sekolah tidak lagi ragu-ragu membeli makanan yang dijual oleh dirinya dan pedagang-pedagang lainnya karena sudah dijamin aman dan bersih. Dirinya juga mendukung Mamuju Mapaccing yang digagas Bupati Mamuju.

“Mudah-mudahan dengan program Mamuju Mapaccing ini, kami bisa menjual dengan tenang dan tidak dilarang-larang lagi berjualan di sekolahan,” tutur Zali.

Peringatan Hardiknas ini juga dihadiri Wakil Bupati Mamuju H. Irwan Pababari, Ketua TP PKK Kabupaten Mamuju Hj. Nurlela Habsi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju Muhammad Daud Yahya, Wakapolres Mamuju Kompol Andri, Kasdim, Pimpinan Bank, Para Kepala SKPD Lingkup Kabupaten Mamuju, serta peserta upacara dari ASN dan siswa-siswa dari berbagai jenjang pendidikan.

Hardiknas juga memberikan penghargaan Satya Lencana kepada pensiunan guru-guru, serta yang masih aktif mengajar dan telah mengabdi selama 10 hingga 20 tahun oleh Bupati Mamuju.

Selain ittu, juga dilakukan penyerahan secara simbolis baju kaos, topi serta spanduk  yang berisi kampanye jajanan sehat dan dukungan Mamuju Mapaccing kepada pedagang, serta kantong sampah kepada duta sekolah. (SukrianiAkib)

Beberapa pedagang jajanan anak sekolah yang aman dan sehat

Beberapa pedagang jajanan anak sekolah yang aman dan sehat

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.