banner 728x90

Pemerintah Harus Perhatikan Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19

banner 728x90

Oleh : Muh. Irfan

Dalam menghadapi berkembangnya corona virus atau Covid-19 di Sulawesi Barat (Sulbar) khususnya Kabupaten Mamuju, fokus Pemerintah setempat semakin intens di genjot untuk memutus mata rantai Covid-19 tersebut.

Dilihat dari beberapa kebijakan yang di ambil seperti pengalihan anggaran untuk penaganan Covid-19 tersebut.

Melihat kondisi ini, kami sangat mengapresiasi Pemerintah atas tindakannya ini. Tetapi kita perlu ketahui bersama, akibat dari penyebaran covid-19 bukan cuma mematikan tetapi melumpuhkan per ekonomian lokal bahkan sampai ekonomi duniapun ikut lumpuh.

Dalam situasi seperti ini kami meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar dan Kabupaten Mamuju untuk lebih memperhatikan posisi pendapatan nelayan dan petani karena akses pasar khusus di kabupaten itu tidak stabil akibat dari penyebaran covid-19.

Dengan adanya kebijakan Stay At Home yang di lakukan oleh pemerintah, kami juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju untuk memperkuat ketahanan pangan, memastikan harga di pasaran tetap stabil dan memastikan hasil panen petani itu tidak di jual keluar.

Salah satu contoh, Gabah Kecamatan Kalukku yang sebagian sedang melaksanakan panen ini untuk mengantisipasi cadangan pangan, karena covid-19 kita belum pastikan kapan berakhirnya di tambah lagi bulan suci ramadhan tidak lama lagi.

Tentunya pangan menjadi prioritas utama untuk memastikan harga sembako di pasaran tetap dalam keadaan stabil khusus di Kabupaten Mamuju.

Kami juga meminta kepada Pemprov Sulbar dan Kabupaten khusus Dinas Pertanian dan Perikanan untuk mengalokasikan anggarannya kepada buruh tani dan nelayan kecil, karena dampak dari Covid-19, banyak petani dan nelayan kecil yang ada di pedesaan mengeluh, sedangkan mereka harus tetap bekerja untuk kebutuhan keluarga dan juga orang banyak pada umumnya.

Karena kita tahu Desa adalah lumbung dan tonggak kehidupan kota, sedangakan petani dan nelayan adalah tonggak perekonomian Republik ini.

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemerintah Harus Perhatikan Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19"