banner 900x90

Pembangunan Pasar Rakyat Palipi Diharap Pacu Ekonomi Masyarakat

192 views
banner 900x90

Pembangunan pasar rakyat di Dusun Palipi, Desa Sendana, Kecamatan Sendana. (Iqbal)

Majene, Katinting.com – Guna meningkatkan daya saing pasar tradisional ditengah persaingan yang makin ketat, dibangun pasar rakyat di Dusun Palipi, Desa Sendana, Kecamatan Sendana.

Kata Kepala Desa Sendana, Sudirman, pembangunan pasar rakyat Desa Sendana menggunakan pola kerjasama dengan Dinas Koperindag Kabupaten Majene.

Proses pembangunan yang sementara berjalan tersebut, hanya difasilitasi pemerintah desa menggunakan Dana Desa (DD) senilai Rp. 500 jutaan lebih untuk pembebasan lahan dan penimbunan. Sedangkan untuk bangunan fisiknya melalui Dinas Koperindag yang bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN senilai Rp. 3.154. 400. 000.

Penganggaran melalui Dana Desa tersebut, menurut Sudirman karena tempat awal pembangunan pasar rakyat adalah empang. Ia pun berharap nantinya, dengan adanya pasar tradisional, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan dan pasar moderen.

Keberadaan pasar tradisional memang bersaing ketat dengan pasar modern yang semakin menjamur. Untuk bisa bersaing, kata Sudirman, salah satunya harus menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan pasar.

Ia pun telah meminta petugas, pihak dari Dinas Koperindag agar sering ke memantau kondisi pasar. Khususnya, melaksanakan pengawasan langsung terhadap kondisi pasar dan fasilitas pendukung lainnya. Misalnya menempatkan para pedagang kaki lima (PKL) sehingga tidak menganggu proses jual beli dalam pasar.

Selain itu Sudirman meminta pedagang memanfaatkan keberadaan koperasi pasar sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan para pedagang terhadap rentenir dan dapat lebih meningkatkan perekonian masyarakat, khususnya Desa Sendana. Kunci Sudirman.

(Advertorial/Iqbal)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.