banner 728x90

Patroli Money Politik, Bawaslu Sulbar Kerahkan 5.237 Orang

Dialog HMI Cabang Manakarra Mamuju bersama Bawaslu Sulbar beberapa waktu lalu. (Foto Rahmat)

Mamuju, Katinting.com – Tiga hari menuju Pemilu serentak, Rabu 17 April 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat terus intensifkan Patroli Money Politik.

Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan langkah pencegahan dengan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat termasuk dengan kegiatan-kegiatan forum warga dan juga telah mendeklarasikan dibeberapa desa yang dianggap akut dalam persoalan Money Politiknya.

Sulfan menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan patroli Money Politik sampai pada hari pencoblosan untuk memastikan tidak terjadinya praktek Money Politik.

“Untuk patroli Money Politik ini, kami menurunkan sebanyak 5.237 orang se-Sulbar. Kita akan turun hingga ketingkat kecamatan sampai ke desa. Tapi sebagian orang itu tetap kita stanby-kan di kantor untuk menerima laporan. Sekitar 5 sampai 10 orang dikantor.” ucap Sulfan beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata Sulfan, pihaknya juga telah membuka Posko Call Center dimasing-masing kabupaten. Jadi masyarakat yang mau menyampaiakan laporan bisa menghubungi kabupatennya masing-masing.

Untuk sanksi para pelaku Money Politik sendiri, Sulfan Sulo menegaskan bahwa ancaman hukumannya 3 tahun kurungan dan denda hingga 36 juta rupiah.

“Untuk yang terbukti melakukan Money politik secara terstruktur, sistematis dan massif, akan dikenakan hukuman kurungan 3 tahun dan denda 36 juta rupiah. Jika terbukti, maka calon bisa dibatalkan atau didiskualifikasi,” demikian kata Sulfan Sulo.

(Ra/Zul)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Patroli Money Politik, Bawaslu Sulbar Kerahkan 5.237 Orang"