banner 900x90

Pasca Korban Gempa Palu : Pemuda Pancasila Sulbar Penyelamat Kami

179 views
banner 900x90

Suhardi Duka saat mengunjungi salah satu warga di tenda pengungsian di Balaroa, Palu, Sulteng. (Foto Anhar)

Palu, Katinting.com – Ketua DPW Pemuda Pancasila (PP) Sulawesi Barat, Suhardi Duka (SDK)  meninjau langsung serta memberikan bantuan kepada pengungsi korban bencana gempa dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah.

Gempa yang berkekuatan Magnitudo 7,7 mengguncang Kabupaten Donggala, dan tsunami di Palu, pada pukul 17.02, Jumat (28/9) lalu. Informasi yang dihimpun pasca lima hari kejadian tersebut diketahui sebanyak sebanyak 1.411 yang meninggal dunia, luka-luka 2.549 orang, dugaan korban hilang 113, dugaan korban tertimbun 152, dan rumah rusak 65.733. Dan jumlah korban yang mengungsi sebanyak saat ini 70.821 orang.

Setelah mengetahui bencana alam tersebut, Ketua DPW Pemuda Pancasila Sulbar langsung memerintahkan anggotanya untuk membatu masyarakat Palu-Donggala, dan juga menurun 1 ambulans dari rumah sakti Mitra Manakarra Mamuju.

Selain memberikan bantuan logistik kepada korban pengungsi, Pemuda Pancasila juga melakukan pencarian dan mengevakuasi korban bencana tersebut.

“Olehnya itu, kita satu bangsa, satu tanah air, harus ikut bersama-sama membantu para korban. Walaupun kami Ormas bukan dari Pemerintah tapi tergerak hati kami untuk turun membantu saudara-saudara yang ada disini,” ujar Suhardi Duka di Posko Pemuda Pancasila Sulbar di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ungu Jadi, Kota Palu, Kamis (4/10).

Setelah beberapa kali melakukan koordinasi terkait situasi yang ada, mantan Bupati Mamuju dua periode ini, melakukan penggalan dana untuk meringankan beban korban gempa dan tsunami.

“Hari ini puncaknya, kami bawah bantuan kami kurang lebih 13 truk. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat dan terimakasih atas sambutan hangat dari bapak-bapak semua,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Amiruddin (47), sekali ketua Korlap posko pengungsian kelurahan Tipo mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Ormas Pemuda Pancasila.

Ia menambahkan, ketua Pemuda Pancasila Sulbar adalah penyelamat pertama penyelamat empat hari empat malam.

“Jadi ada istilahnya Pak SDK adalah penyelamat empat hari empat malam bagi kami yang kelaparan. Beliau memberikan sentuhannya langsung kepada korban. Pemerintah kami belum memberikan bantuan sama sekali kepada kami sampai hari ini.” paparnya.

“Kami masyarakat disini sangat-sangat berterimakasih kepada ketua Pemuda Pancasila, mudah-mudahan beliau jadi pemimpin kedepannya, khususnya Sulbar, kami ingin sampaikan kepada masyarakat Sulbar, beliau adalah pemimpin sejati,” tuturnya.

Disaksikan langsung oleh Suhardi Duka, Pemuda Pancasila saat menyalurkan bantuan di Balaroa, Palu, Sulteng. (Foto Anhar)

(Zulkifli)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.