banner 900x90

Panwascam Tapalang Ajak Masyarakat Aktif Sukseskan Pemilu 2019

282 views
banner 900x90

Sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan Panwascam Tapalang. (Ist)

Mamuju, Katinting.com – Guna meningkatkan pemahaman pengawasan kepemiluan, Panwascam Tapalalang melakukan sosialisasi di hotel Lestari Mamuju, Sabtu (9/6).

Sosialisasi ini diikuti sejumlah stake holder dari Panwaslu kelurahan dan desa, kepala desa dan lurah, PPK, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan media, dengan pematari dari KPU Mamuju, kepolisian dan Panwaslu Mamuju.

Salah satu peserta dari PPL Desa Tampalang mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Panwascam Tapalang, “Alhamdulillah banyak pelajaran yang didapat, dari tidak tahu jadi tahu, khususnya soal pengawasan kepemiluan di Desa Tampalang,” tutur Wahyuddin.

Ditempat yang sama, Arman Ketua Panwascam Tapalang mengatakan, tujuan melaksanakan sosialisasi kepemiluan tersebut adalah bagaimana melibatkan masyarakat, bagaimana sebenarnya itu pengawasan pemilu? Apa-apa saja tugas pengawasan pemilu itu?

“Ternyata bukan hanya panitia pengawas pemilu yang ikut menyukseskan pemilu kedepan nanti, ternyata komponen masyarakat harus ikut berperan aktif demi menyukseskan pemilu 2019 mendatang,” kata Arman.

Dalam catatan Panwascam Tapalang, kata Arman, masih ada sebanyak 1.228 pemilih potensial yang belum memiliki E-KTP. Untuk itu, iya akan terus melakukan sosialisasi kepada pemerintah terkait, agar bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait E-KTP. “Karena ini sebagai syarat sah untuk dapat memilih, makanya sosialisasi ini melibatkan pemerintah desa setempat agar bisa membantu mempercepat itu (E-KTP).”

Selain itu, Arman meminta peran aktif semua masyarakat agar ikut serta menyukseskan pemilu 2019 mendatang. “Kami kan hanya ada tiga di kecamatan, dan masing-masing satu di desa dan keluhan, ketika kami melakukan pengawasan mungkin kami tidak bisa jangkau semua, makanya kami mengharapkan kepada semua komponen masyarakat, baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah terkait aktif nantinya menyukseskan pemilu 2019 mendatang,” harapnya.

Masih kata Arman, di Kecamatan Tapalang tercatat jumlah pemilih 12.000 yang tersebar di tiga kelurahan dan tujuh desa, dengan jumlah 50 TPS.

(ADV/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.