banner 900x90

Panwascam Kalukku Minta Semua Pihak Ikut Melakukan Pengawasan

116 views
banner 900x90

Sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan Panwascam Kalukku. (Anhar)

Mamuju, Katinting.com – Melibatkan sejumlah stake holder dalam pengawasan pemilu, Panwascam Kalukku menggelar sosialisasi pengawasan pemilu yang berlangsung di wisma malaqbi Mamuju, Minggu (10/6).

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Sekertaris Camat Kalukku, Komisioner Panwaslu Mamuju, pihak Polsek Kalukku dan Panwascam Kalukku.

Komisioner KPU Mamuju, Rusdin menjelaskan orientasi pengawasan kita adalah pencegahan. “Jadi Kita selalu upayakan pencegahan, pencegahan dan pencegahan, baru penindakan. Selain itu melakukan mediasi sengketa pemilu,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, sudah menghimbau kepada seluruh ASN terkait netralitas dan menyurat dari tingkat desa sampai dusun.

“Kalau kita sudah upayakan pencegahan dan masih terjadi, maka masuk ranah penindakan,” jelasnya.

Sambung ia mengatakan, proses pemilu 2019 dalam waktu dekat ini akan ada pendaftaran calon anggota DPR dan DPRD, dengan jumlah penyelenggara yang sedikit dan jumlah calon yang banyak, maka disinilah peran serta, partisipasi masyarakat dibutuhkan, ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Kalukku, Askari mengulang penyampaian devisi pencegahan, Marsunar, bahwa ada sekitar 3.000 warga sudah di Coklik namun belum memiliki E-KTP. “Makanya diharapkan peran pemerintah untuk dapat membantu (terbitnya E-KTP), agar dapat membantu warga menyalurkan hak pilihnya,” ucapnya.

Hasil pendataan Panwascam Kalukku dan belum diplenokan ada sebanyak 33.900 DPS, 140 TPS, 4 lurah dan 10 Desa. Sedangkan daftar pemilih baru sebanyak 8.986.

Lebih lanjut Askari mengatakan tujuan sosialisasi dilakukan mengundang semua stake holder agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

“Ini juga dimaksudkan agar menghindari pelanggaran dan publik berpartisipasi dalam proses pengawasan pemilu itu,” ucapnya.

Selesainya kegiatan ini, kami berharap semua stake holder yang ada bisa membantu pengawasan pemilu, imbuhnya.

Sekdes Guliling Kaharuddin, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Panwascam Kalukku. “Setidaknya kita tahu tentang kepemiluan, supaya pemilihan bisa berlangsung dengan baik,” ucapnya.

Sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan Panwascam Kalukku. (Anhar)

(ADV/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.