banner 728x90

NPHD Pilkada Mamuju 2020 Disepakati 28 Miliar

Tidak ada komentar 107 views

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang saat menandatangani NPHD disaksikan Sekda Mamuju, H. Suaib. (Dok. Hms)

Mamuju, Katinting.com – Setelah melalui tahapan pembahasan cukup panjang, akhirnya naskah perjanjian Hibah daerah (NPHD) untuk Pilkada Mamuju tahun 2020 disepakati senilai Rp. 28 miliar.

Kesepakatan ditandai penandatanganan antara pemerintah daerah Kabupaten Mamuju dan KPU Mamuju dalam acara yang dilaksanakan di alula kantor Bupati Mamuju. Selasa (1/10).



Mewakili Pemkab Mamuju, Sekretaris Daerah H. Suaib yang telah membubuhkan paraf, mengatakan, nilai Rp. 28 miliar adalah angka yang telah disepakati bersama meskipun belum dapat mengakomodasi permintaan KPU yang mencapai Rp 39 Milyar lebih.

Sambung kata H. Suaib, namun mengingat kapasitas kemampuan anggaran yang terbatas sehingga nilai tersebut adalah angka yang telah dirasionalisasi bersama antara TPAD dengan KPU, ia berharap dengan hibah anggaran tersebut dapat diaktualisasi KPU untuk melaksanakan Pilkada tahun 2020 mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang mengatakan, anggaran hibah daerah sudah dirasionalisasikan termasuk mengurangi asumsi pasangan calon dari lima menjadi tiga pasangan calon.

“Anggaran itu tentunya bakal kami maksimalkan. Kami juga sudah buat fakta integritas sehingga penganggaran betul-betul dilaksanakan sesuai ketentuan,” kata Hamdan.

Masih kata Hamdan Dangkang, KPU RI telah mengusulkan supaya honor petugas ad hoc dinaikkan sesuai Upah Minimum Regional (UMR) setiap provinsi. Jika kemarin honor ketua KPPS hanya Rp. 550 ribu, maka naik menjadi sekira Rp. 1 juta.

“Kalau itu disetujui Kemenkeu (Kementerian Keuangan, red), kami kekurangan Rp 4,5 miliar. Tapi, kita tunggu tindaklanjutnya, tentu akan dibicarakan lagi dengan Pemkab Mamuju,” sebut Hamdan.

Sumber : Hms Pemkab Mamuju
Edit : Anhar

Bagikan
banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "NPHD Pilkada Mamuju 2020 Disepakati 28 Miliar"