banner 728x90

New Normal, Bandara Tampa Padang dan Pelabuhan Simboro Akan Kembali Beroperasi

banner 728x90

Bandara Tampa Padang

Mamuju, Katinting.com Bandara Tampa Padang dan Pelabuhan Simboro Mamuju dalam waktu dekat ini akan kembali beroperasi.

Hal ini dalam rangka menyambut tatanan hidup normal baru atau new normal di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Khaerudin Anas mengatakan, pengoperasian kembali bandara Tampa Padang dengan protokol kesehatan.  Ada pengurangan penumpang sebanyak 30 persen.

Untuk pesawat Wings Air, dia menuturkan paling lambat akan kembali beroperasi pada Selasa atau Rabu mendatang. Sedangkan Garuda direncanakan akan beroperasi 1 Juli mendatang.

“Garuda nanti 1 Juli baru mulai. Tapi itu dia terbang tetap pada protokol kesehatan dipedomani. Ada rapid test, jumlah penumpang maksimal hanya 70 persen. Garuda 86 (penumpang) muat nya, karena protokol kesehatan, physical distancing dijaga itu hanya muat 68 orang saja,” kata Kadis Perhubungan Sulbar, Khaerudin Anas, saat dihubungi via telepon, Minggu (21/6) malam.

“Wings, rencana mungkin paling lambat Selasa atau Rabu dia sudah terbang. Dengan jadwal yang normal. Mungkin dia akan terbang tiap hari tetapi penumpang nya juga dikurangi,” tambahnya.

Untuk transportasi laut, seperti pelabuhan Simboro Mamuju jurusan Balikpapan Kalimantan Timur juga akan juga akan kembali dioperasikan. Namun tetap mempedomani protokol kesehatan.

“Untuk pelabuhan penyeberangan Balikpapan juga kita buka tapi harus ada rapid test. Kemudian jumlah penumpangnya juga dibatasi kalai sebelumnya muat 200 sekarang 100 orang,” sebutnya.

Pemerintah Provinsi Sulbar juga telah mengeluarkan surat edaran nomor 19 tahun 2020 tentang pengaturan penggunaan transportasi darat, laut dan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah Covid-19 di wilayah Provinsi Sulbar yang di tandatangani oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Senin (22/6).

Khaerudin Anas berharap kepada semua penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Berangkat kemana-mana harus melampirkan hasil rapid tes nya. Kemudian tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, cuci tangan. Protokol itu kita minta untuk tetap di pedomani.” tutup Khaerudin Anas.

(Zulkifli)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "New Normal, Bandara Tampa Padang dan Pelabuhan Simboro Akan Kembali Beroperasi"