banner 728x90

Mursida Rambe: Bangun Ikatan Emosional Demi Kelancaran LKM SIOLA

banner 728x90
Mursida Rambe: Bangun Ikatan Emosional Demi Kelancaran LKM SIOLA

Peserta Pelatihan Pengembangan SDM Pengelolaan SIOLA

Katinting.com, Mamuju – Selain layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kesehatan dalam bentuk Posyandu, dan Bina Keluarga Balita (BKB), di SIOLA juga ada Lembaga Keuangan Mikro (LKM). LKM memberi bantuan simpan pinjam kepada orang tua anak didik SIOLA demi memenuhi kebutuhan gizi anak.

Dalam kegiatan Capacity Building SIOLA yang berlangsung di Aula Hotel Marannu, pada Senin 29 Februari 2016, menghadirkan peserta yang terdiri dari pengelola SIOLA se Kabupaten. Tak sedikit dari pengelola SIOLA mengaku masih mendapat kendala dalam pelaksanaan LKM.

Pendiri Baitul Maal wa Tanwil (BMT) Beringharjo Yogyakarta, Mursida Rimbe, yang hadir selaku pemateri, menawarkan solusi atas kendala yang dihadapi LKM SIOLA, dimana dari 9 SIOLA kurang lebih terkendala dengan masalah yang sama yakni keterlambatan pengembalian dana pinjaman LKM. Menurutnya, salah satu cara agar LKM dapat berjalan lancar yaitu dengan membangun ikatan emosional dengan pelaku LKM itu.

“Tanamkan dalam fikiran Bapak Ibu bahwa si peminjam ini adalah saudara kita, jadi kita gunakan pendekatan kekeluargaan,” sarannya.

Apalagi, LKM SIOLA terbilang lembaga kecil, sehingga masih dapat diatasi dengan pendekatan kekeluargaan, tanpa melibatkan pihak lain seperti menggunakan jalur hukum.

Jika masih ada pelaku LKM yang tidak menyelesaikan kewajibannya, ia menyarankan agar pengelola dan pelaku LKM membuat kesepakatan bersama, mengatur perpanjangan waktu dan memperkecil angsuran pinjaman.

“Paling tidak, modal kita telah kembali dulu, jadi kita bisa pakai buat tambahan modal lagi, daripada tidak dibayar sama sekali kan,” ujarnya.

Mursida Rambe, memiliki sejarah membangun bisnis jasa keuangan mikro yang sukses. Ia berharap SIOLA mampu tumbuh menjadi unit yang berkelanjutan dan mandiri. Menurutnya, kebutuhan PAUD, Posyandu dan BKB dapat terpenuhi secara mandiri dengan LKM siola yang berjalan lancar. (DHL)

Bagikan
Tag:
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.