banner 728x90

MRSF 2019, Ini Pesan Kapolres Mamuju  

Tidak ada komentar 709 views
banner 728x90

AKBP Muhammad Rivai Arvan, Kapolres Mamuju. (Foto Anhar)

Mamuju, Katinting.com – Puncak pelaksanaan acara jalan santai Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019 yang dilaksanakan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Minggu (24/2), sukses digelar.

BACA JUGA : Tukul Arwana dan Janeta Janet Meriahkan Puncak MRSF 2019

Saat diwawancarai Katinting.com, Kapolres Mamuju, AKBP Muhammad Rivai Arvan mengatakan respon masyarakat sangat baik terhadap acara MRSF ini, dan juga tak terlepas dari kerja-kerja panitia penyelanggara yang tela jauh-jauh hari melakukan sosialisasi khususnya kepada kaum milenial.

Olehnya itu, dengan adanya kegiatan ini, ia berpesan kepada seluruh masyarakat bahwa berlalu lintas ada aturannya.

“Ini digalakkan, karena berdasarkan angka kecelakaan lalu lintas lima tahun terakhir di dominasi oleh kamu milenial sebagai korban. Makanya berangkat dari pemikiran tersebut sehingga dilaksanakan lah kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk konteks Mamuju dan Mamuju Tengah (Wilayah hukum Polres Mamuju) angka kecelakaan memang di dominasi korban adalah kaum milenial, karena tidak taat dengan aturan berlalu lintas.

Dirinya menuturkan, salah satu yang menjadi penyebab kecalaan lalu lintas yang di dominasi oleh kaum milenial, adalah kurangnya sarana transportasi umum. Sehingga banyak orang tua mengizinkan anaknya berangkat kesekolah menggunakan kendaran padahal belum cukup umur.

“Tapi tujuan (orangtua) sebenarnya bisa sampai sekolah dengan cepat. Ini menjadi pemikiran bersama khususnya pemerintah daerah nantinya,” ungkap Arvan.

Arvan juga berpesan kepada para orangtua yang mempunyai anak dibawah umur agar tidak menggunakan kendaraan bermotor. Karena menurutnya, pengendara bermotor  butuh kedewasaan dan mental yang matang agar terhindar dari kecelakan.

“Tapi kalau sepeda, boleh. Karena kendaraan motor yang jenis sekarang, apalagi matic, dia kan respon shipnya cepat, jadi itu butuh kedewasaan dan mental matang. Kalau anak-anak yang belum dewasa menggunakan ini, dia mudah terpancing karena respon ship motor tersebut. Sudah banyak terjadi (kecelakaan,red),” sebutnya.

Selain itu, dirinya menjamin dengan terselanggaranya MRSF 2019 ini tidak menjadi seremonial belaka. Ia menegaskan polisi akan rutin menertibkan lalu lintas baik yang tidak lengkap kendaraannya, orang yang mengendarai, termasuk dengan cara mengendarai sepeda motor.

“Itu tiga yang penting supaya mereka selamat di jalan. Karena angka kecelakaan lalu lintas berada di urutan ke lima dunia. Di daerah kita ini banyak sekali pelajar yang mati konyol di tengah jalan. Ada yang tidak pake helm, kendaraan tidak lengkap dan lain sebagainya. Itu fakta riil. Boleh dicek, banyak sekali,” tutup Arvan.

(Zulkifli/Anhar)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "MRSF 2019, Ini Pesan Kapolres Mamuju  "