banner 728x90

Menagih Janji Gubernur Tuntaskan Ruas Jalan Tabone-Nosu-Pana

banner 728x90

Permata gelar aksi dikompleks perkantoran Gubernur Sulbar tagih janji Gubernur, Ali Baal Masdar. (Dok. Zulkifli)

Mamuju, Katinting.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Masyarakat Tandalangngan (Permata) menggelar aksi di Kantor Gubernur Sulbar, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Mamuju, Selasa (19/10/21).

Mereka menagih Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar sekaitan dengan janjinya kepada masyarakat Kecamatan Pana pada Desember tahun 2020 lalu untuk menuntaskan ruas jalan Tabone-Nosu-Pana ditahun 2021 ini, yang panjang jalannya sekira 40 km

“Makanya kami (datang) meminta Gubernur untuk merealisasikan janji yang sampaikan pada saat itu kepada masyarakat. Dan itu harapan masyarakat. Dan ketika itu tidak direalisasikan maka itu melukai hati masyarakat,” kata Jenderal Lapangan Aksi, Yosgi Wirantono.

Mereka juga menyoroti anggaran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diperuntukkan untuk perbaikan ruas jalan Tabone-Nosu yang hanya sebesar 16 miliar.

“16 miliar ini, itu hanya hitung-hitungan kami hanya bisa mengerjakan 3-4 km. Padahal janji Gubernur menuntaskan 40 km,” ungkapnya.

Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muhammad Ahsan menuturkan, memang pada awalnya Gubenur berencana menyelesaikan seluruh ruas jalan provinsi dngan meminjam dana PEN sebesar 700 miliar ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) namun yang realisasi hanya 300 miliar.

Sehingga untuk tahun ini pengerjaan ruas jalan Tabone-Nosu dianggarkan sebesar 27,5 miliar dengan panjang jalan akan dikerjakan 8 km yang terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama 4,8 km dengan anggaran 16 miliar diperkirakan selesai pada Desember mendatang. Sedangkan untum tahap kedua sepanjang 3,2 km dengan aggaran 11,5 m yang diperkirakan selesai pada Maret 2022 mendatang.

“Jadi tahun ini insya Allah itu ada sekitar 8 km jalan yang kita kerjakana. Ini belum pernah terjadi di Sulbar ada ruas jalan kita kerjakan dua tahap dalam satu tahun dengan anggaran yang sama. jadi saya kira usaha pemerintah sudah besar,” tutup Kadis PUPR Sulbar.

(Zulkifli)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menagih Janji Gubernur Tuntaskan Ruas Jalan Tabone-Nosu-Pana"