banner 728x90

Mateng Penghasil Tuna Terbesar

Tidak ada komentar 350 views
banner 728x90

Salah seorang nelayan tangkap di Mateng sedang memapah hasil tangkapannya, seekor ikan Tuna Sirip Kuning, dengan taksiran berat 32 kilogram, Pantai Tumbu, Kecamatan Topoyo, Mateng. (Dok. Fhatur Anjasmara)

Mateng, Katinting.com – Salah satu kekayaan laut Mamuju Tengah (Mateng), yang memiliki potensi ekspor adalan Ikan Tuna Sirip Kuning dan Tuna Sirip Biru serta untuk konsumsi pasar lokal Tuna biasa.

Tapi tak ada yang menyangka kalau produksi ikan Tuna di Mateng, adalah produksi terbesar di Sulbar sejak Mateng terbentuk tujuh tahun lalu.

Masuknya Mateng sebagai penghasil terbesar Tuna di Sulbar, karena posisi perairan Mateng, merupakan jalur migrasi semua jenis ikan Tuna dari utara keselatan dan dari selatan ke utara, sehingga kawasan perairan Mateng, menjadi salah satu spot pertumbuhan Tuna diwilayah Sulbar.

Data yang diambil laman ini dari Dinas Kelautan dan Perikanan Mateng, bahwa sejak tahun 2017 lalu produksi penangkapan ikan Tuna oleh nelayan, diwilayah perariran Mateng, terus mengalami peningkatan dalam jumlah secara kuantitas dan kuawalitas.

Kepada laman ini, Kepala Bidang Tangkap dan Kelautan DKP Mateng, Made Kardiana, mengungkapkan bahwa pedoman data yang disampaikan oleh DKP Sulbar ke DKP Mateng, pada tahun 2020 saja jumlah hasil produksi ikan Tuna di Mateng kenaikannya cukup siqnifikan.

“Dari data DKP Sulbar, kami dapati kalau jumlah produksi ikan Tuna Mateng sudah mencapai 2.007 ton, kemudian di susul Majene dengan jumlah 1.657 ton, dan tentu ini produksi yang cukup besar dan terbesar di Sulbar hingga kini,” sebut Kardiana.

Karenanya tingkat produksi ikan Tuna yang cukup besar di Mateng ini, tentu memberikan dampak yang baik terhadap kehidupan nelayan tangkap di Mateng secara ekonomi dari waktu ke waktu, dikarenakan produksi tangkapan mereka memang masuk pasar ekspor.

“Karena produksi tangkapan mereka masuk pasar ekspor, notabene memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan nalayan tangkap di Mamuju Tengah dari tahun ketahun, dan ini menjadi alasan kami, terus berupaya memastikan sarana prasaran produksi mereka, terpenuhi dengan baik” pungkas Kardiana.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mateng Penghasil Tuna Terbesar"