banner 900x90

Masyarakat Diharapkan Berpartisipasi Mengawasi Tahapan Pemilu

84 views
banner 900x90

FGD Pengawasan Pemilu Partisipatif yang dilaksanakan Panwaslu Kecamatan Tommo. (Foto : Anhar)

Mamuju, Katinting.com – Panwaslu Kecamatan Tommo melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pengawasan Pemilu Partisipatif, Jumat (7/12).

Kegiatan yang berlangsung di hotel Anugrah Mamuju, dihadiri komisioner Panwaslu Tommo Pirawati, Dewi Kamaluddin dan Sanusi. Adapun materinya oleh Panwaslu Tommo, Bawaslu Mamuju dan KPU Mamuju, serta peserta dari organisasi kepemudaan, media, pelajar dan mahasiswa.

Ketua Panitia, Rudi SH., Dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan FGD adalah memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat agar memahami aturan yang berlaku sesuai dengan undang-undang Pemilu.

Kegiatan juga dimaksudkan untuk mengakomodir peran serta masyarakat luas dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu, imbuhnya.

Rusdin saat ditemui Katinting.com menyampaikan, FGD pengawasan partisipatif dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat terlibat dalam rangka pengawasan jalannya Pemilu.

“Peran semua elemen masyarakat sangat kami harapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Khususnya pemilu yang akan dilaksanakan pada April 2019 mendatang. Dengan harapan besar proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas,” kata Rusdin.

Sambung Rusdin, FGD juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu, sehingga Pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib lancar, damai. Sehingga pelanggaran pemilu semakin berkurang.

“Diharapkan juga pelanggaran pemilu semakin berkurang karena adanya kesadaran masyarakat dan peserta pemilu untuk tidak melakukan pelanggaran, sebagai suatu esensi dari paradigma pencegahan pelanggaran pemilu,” katanya.

Pentingnya pengawasan Pemilu partisipatif ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan personal serta daya dukung dan kewenangan Bawaslu. Lebih lagi pengawasan partisipatif ini akan menutupi kekurangan Panwaslu ditingkat Kecamatan dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan pemilihan kedepannya. Maka diharapkan kepada seluruh masyarakat agar selalu bersinergi dengan pengawas Pemilu melakukan pengawasan pada tiap tahapan Pemilu yang akan datang, imbuhnya.

(ADV/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.