banner 728x90

Gubernur Sulbar Diminta Rotasi Sekwan DPRD Sulbar

1049 views
banner 728x90
Maenunis Amin

Maenunis Amin

Katinting.com, Mamuju – Setelah anggota DPRD Sulbar dan beberapa media juga mulai menyoroti Sekwan DPRD Sulbar. Giliran pengamat politik dan pemerintahan Sulbar yang angkat bicara.

Disela dialog “Mencari Pemimpin Ideal Sulbar” di dalah satu cafe di bilangan Wonomulyo, Maenunis menilai Sekwan telah lalai dari tanggung jawabnya, “Sekwan itu adalah perangkat yang menentukan keberhasilan dan capaian kerja DPR. Tupoksinya juga sangat strategis, mulai dari pengaturan persiapan sidang dan lainnya. Kebutuhan kerja anggota dewan juga dibantu staf sektretariat dewan,” jelas Maenunis.

Maenunis juga menyebut fungsi politis Sekwan, “Terbitnya Perda tidak terlepas dari keberadaan sekretariat dewan.  Pembentukan draft Ranperda disusun dan disiapkan bagian produk hukum sekretariat dewan. Di sinilah sehingga Sekwan itu selain komunikatif, harus juga cerdas administratif,” imbuh direktur Logos Research ‘n Consulting ini.

“Sekwan mempunyai rumusan tugas membantu melaksanakan segala usaha dan kegiatan DPRD yang meliputi pelaksanaan informasi, keuangan dan administrasi serta asistensi dalam rangka pelaksanaan tugas, wewenang serta hak dan kewajiban dewan. Kalau ternyata Sekwan seperti sekarang ini kinerjanya, ya sebaiknya Gubernur segera evaluasi Sekwan, kalau perlu rotasi saja,” tegas mantan presiden Ressist Community ini.

Pria yang akrab disapa Inu ini, menyebut Sekwan Sulbar gagal, Sekwan itu adalah “titipan gubernur” untuk bisa berkoordinasi secara integral dan sinkronis dengan Dewan. Sekwan sekarang sudah gagal menjalankan misi itu. Kalau sudah begitu, untuk apa dipertahankan lagi. Kalau organisme Dewan dirusak oleh subsistem seperti Sekwan, ya amputasi sajalah!, tuturnya.

Maenunis juga menyarankan agar media memantau lebih keras kinerja Sekwan, “Saya sarankan agar teman-teman media “mengepung” Sekwan. Pantau lebih keras dan publikasi kinerjanya lebih detail,” pungkas kritikus pemerintahan ini. (*)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.