banner 900x90

Lindungi Hak Pilih Warga Binaan, KPU Pasangkayu Sosialisasi di Rutan

82 views
banner 900x90

KPU Pasangkayu saat sosialisasi di Rutan Kelas II B Bambalamotu. (ndi)

Pasangkayu, Katinting.com – KPU Kabupaten Pasangkayu melakukan sosialisasi pertisipasi pemilih untuk Pemilu serentak tahun 2019 di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Bambalamotu, Pasangkayu, Selasa (6/11).

Sosialisasi yang dilaksanakan di aula Rutan Kelas II B Bambalamotu ini dihadiri Komisioner KPU yakni Sahran Ahmad, Heriansyah, Alamsyah dan Syaruddin, serta pegawai, Sipir, dan warga binaan yang jumlahnya sebanyak 70 orang.

Ketua KPU Pasangkayu, Sahran Ahmad mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden dan wakil presiden secara serentak pada bulan April 2019 mendatang.

“Kami dalam hal ini KPU berharap semua warga binaan Rutan Bambalamotu dapat menggunakan hak pilihnya pada perhelatan pesta demokrasi nantinya,” harap Sahran.

Tujuan dari sosialisasi, sebut Sahran, pada prinsipnya adalah untuk mengenalkan sistem Pemilu kepada warga binaan karena teknis Pemilu sebelumnya dengan Pemilu sekarang berbeda, serta mendorong partisipasi pemilih khususnya bagi warga binaan.

Sebagai penyelenggara pemilu, KPU Target partisipasi pemilih secara nasional yaitu lebih dari 68 persen, sedangkan target untuk Kabupaten Pasangkayu tentunya mengikuti target secara nasional.

Pada prinsip awalnya setiap warga negara yang telah memenuhi syarat harus masuk ke dalam DPT, pihaknya akan melakukan akurasi DPT terlebih dahulu. Jelas Sahran.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM, dan Partisipasi Masyarakat, Heriansyah dalam sosialisasi menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan sosialisasi adalah mengaju pada PKPU Nomor 10 tentang sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu. Sebagai warga binaan Rutan saat ini mempunyai hak yang sama dalam pemilih, tentunya dengan melihat visi misi, baik itu calon anggota legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden.

“Kami mengajak saudara-saudara sekalian agar tetap menggunakan hak pilihnya di Pileg dan Pilpres. Semua dapat memilih. Namun, diharapkan kepada saudara-saudara warga binaan agar memilih calon dengan tetap melihat visi misinya. Baik itu calon anggota DPRD maupun calon Presiden dan Wakil Presiden,” katanya.

Heriansyah menjelaskan, masyarakat Pasangkayu yang menjadi warga binaan Rutan Kelas II B Pasangkayu saat ini sebanyak 48 orang, 36 orang sudah memiliki KTP elektronik sedangkan sisanya belum memiliki.

“Alhamdulillah sosialisasi KPU kali ini bisa maksimal, kita dapat melihat dari puluhana warga binaan Rutan Kelas II B Pasangkayu yang mengikuti sosialisasi pendidikan pemilih cukup antusias dalam menyimak penjelasan dari KPU,” tutup Heriansyah.

(ndi/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.