banner 728x90

KKN di Pulau Karampuang, Mahasiswa UGM Dorong Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

Foto bersama peserta KKN mahasiswa UGM Yogyajarta. (Ist.)

Mamuju, Katinting.com – Sebanyak 30 orang mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Karampuang, Mamuju, Sulawesi Barat.

Mahasiswa dari berbagai jurusan tersebut akan melaksanakan KKN terhitung 28 Juni sampai dengan 18 Agustus 2019, yang mengusung Tema “Digitalisasi Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Sebagai Upaya Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat”.

Regina dari Tim KKN UGM Mamuju 2019 kepada Katinting.com menjelaskan, peserta KKN tersebar ditiga Dusun yakni Dusun Karaeang, Dusun Ujung Bulo, dan Dusun Karampuang I.

Menurutnya, dalam seminggu ini, peserta KKN akan melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan kebutuhan yang akan dilaksanakan di wilayah kerjanya, sehingga akan menjadi program dalam KKN nantinya.

Namun itu, lebih lanjut Regina menjelaskan, dari Jogja kami sudah mempersiapkan beberapa program kerja, dibagi setiap klusternya (Medika, Soshum, Saintek, Agro) berdasarkan survei 6 bulan lalu yang dilakukan oleh dua teman kami disini, jelasnya.

Sambung Regina, untuk Medika, seperti pemeriksaan kesehatan, sosialisasi kesehatan, dan lainnya. Soshum, seperti mengajar, sosialisasi pariwisata, sosialisasi pajak, dan lainnya. Agro, seperti pemeliharaan hutan bakau, penanaman tanaman bakau dan lainnya. Saintek, seperti sosialisasi teknologi, pembuatan website pariwisata, dan lainnya.

“Tapi masih menunggu survei fixnya seminggu ini, sekaligus pemaparan program kerja kami ke kepala desa Rabu (3/7), agar sinkron dan tepat sasaran,” sebut Regina.

Adapun fakultas yang mengikuti KKN di Pulau Karampuang diantaranya Teknik, Fisipol, Ilmu Budaya, Psikologi, Ilmu Budaya, Kedokteran Kesehatan Masyarakat Keperawatan, Mipa, Biologi, Ekonomi Bisnis, Geografi, Farmasi, Filsafat, Kehutanan, Peternakan, Pertanian, dan lainnya, kecuali sekolah vokasi.

Foto bersama peserta KKN mahasiswa UGM Yogyajarta. (Ist.)

(Anhar)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KKN di Pulau Karampuang, Mahasiswa UGM Dorong Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan"