dprd sulawesi barat

Jadi Langganan Banjir Satgas Mamuju Mapaccing dan Ombudsman Tinjau Kasiwa Timur

banner 468x60

Tim Ombudsman dan Satgas Mamuju Mapaccing melakukan tinjauan di lingkungan Kasiwa Timur. (Hms)

Mamuju, Katinting.com – Tim Ombudsman Sulawesi Barat bersama Tim Satgas Mamuju Mapaccing, melakukan peninjauan di lingkungan Kasiwa Timur Mamuju, yang sering mengalami banjir. Kamis, (11/01).

Banjir diduga disebabkan oleh tanggul bantaran sungai kali Mamuju yang lebih tinggi dibandingkan lokasi perumahan masyarakat. Selain itu juga dianggap penyebabnya karena sistem drainase yang buruk.

Lingkungan Kasiwa Timur ini, merupakan langganan banjir tahunan, sehingga membutuhkan penanganan serius dari pemerintah. Sampai hari ini masyarakat setempat mengeluhkan tidak adanya drainase dan ketika musim hujan memicu banjir bahkan pada musim air pasang surut menyebabkan genangan air atau banjir rob mencapai ketinggian 40 cm.

Asisten Ombudsman RI Sulbar, Bob Jafar mengatakan, hasil peninjauan Tim Ombudsman dan Satgas Mamuju Mapaccing Dinas Pekerjaan Mamuju Kabupaten Mamuju, berkesimpulan di area pemukiman warga di Kasiwa Timur akan membuat drainase.

“Peninjauan ini bagian dari RCO Tim Ombudsman RI Sulbar atas pengaduan masyarakat, kami juga mengapresiasi Tim Satgas Mamuju Mapaccing di Dinas PU Mamuju, yang tanggap menindaklanjuti keluhan masyarakat dan saran dari Ombudsman, kami berharap kegiatan pembangunan drainase ini segera dilaksanakan,” ungkap Bob Jafar.

Lanjut Bob Jafar, Ombudsman juga akan melakukan koordinasi dengan Instansi terkait lainnya, untuk mendorong layanan kebersihan di area ini, sebab salah satu penyebab banjir adalah tumpukan sampah. Selain itu menurutnya tumpukan sampah rawan menjadi penyebaran wabah penyakit.

(Humas Ombudsman RI Sulbar)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar