dprd sulawesi barat

Kades Leling Terpilih Dilaporkan Ijazah Palsu

1504 views
banner 468x60

Kabid Humas Polda Sulbar saat menerima DPD LIRA Kabupaten Mamuju melaporkan ijazah palsu Kades Leling terpilih. (Anhar)

Mamuju, Katinting.com – DPD LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Mamuju, dengan sejumlah barang bakti yang dibawah mengadukan Alimin, Kepala Desa (Kades) Leling terpilih, di Polda Sulawesi Barat atas dugaan menggunakan Ijazah Palsu.

Kabid Humas Polda Sulbar, Mashura, yang menemui pelapor, mengarahkan ke SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) untuk proses lebih lanjut. “Silahkan ke SPKT, karena pak Kapolda masih di Mabes, kalau menunggu beliau (Kapolda) lama, itu pasti di disposisi dulu. Kalau beliau ada bisa langsung cepat, kalau ke SPKT sekarang bisa cepat,” arahannya.

Bupati LIRA Kabupaten Mamuju, Muhammad Ramadhan saat ditemui Katinting.com mengatakan, berdasarkan temuan pada berkas Ijazah Paket B (SMP Sederajat,red) Alimin saat mencalonkan Kades, tidak sesuai dengan data hasil Ujian Nasional (UN) Paket B periode II tahun 2009, sehingga kuat dugaan menggunakan ijazah palsu.

“Nama saudara Alimin tidak terdaftar pada hasil ujian nasional Pakat B tahun 2009, sehingga sangat kuat dugaan Ijazahnya palsu. Kalau Ijazah paket B saja sudah palsu bagaimana melanjutkan untuk mendapatkan ijazah paket C,” sebut Muhammad Ramadhan, yang ditemui usai melapor di Polda Sulbar bersama Arianto Latief, Jumat (5/1).

Selain nama Alimin tidak terdapat dalam daftar pada hasil ujian nasional Paket B tahun 2009, Muhammad Ramadhan juga menemukan sejumlah kejanggalan pada Ijazah Alimin, diantaranya, nomor peserta 09-32 01-11-055 pada SKHU Alimin itu tidak terdaftar hasil UN program Paket B periode I tahun 2008-2009 dan hasil peserta UN program Paket B periode II tahun 2009.

Masih kata Muhammad Ramadhan. Selain itu, terdapat kesamaan semua nilai mata ujian Alimin dengan peserta UN yang sebenarnya yakni Satriadi dengan nomor peserta 33-01-11-055, yang terdaftar sebagai peserta UN program paket B periode II tahun 2009.

“Kode yang tertera pada hasil ujian nasional milik saudara Alimin, juga sangat rancu. Sebab 33 itu kode provinsi, 01 Kabupaten Mamuju dan 11 itu Kecamatan Tommo. Jadi tidak ada tambahan penulisan lain seperti pada nomor peserta milik Alimin 09-32 01-11-055. Jadi sangat kuat dugaan itu ditambah-tambahkan,” jelas Muhammad Ramadhan.

Atas dugaan tersebut, melalui DPD LIRA Kabupaten Mamuju meminta Polda Sulbar melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut atas pemalsuan ijazah oleh Alimin, Kades terpilih Desa Leling, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, untuk diproses hukum secara tegas.

Sementara itu, AKP Samsulriansyah Panit I Krimum Polda Sulbar mengatakan sudah menerima laporan DPD LIRA Kabupaten Mamuju, dan akan memproses lebih lanjut.

AKP Samsulriansyah Panit I Krimum Polda Sulbar saat menerima laporan DPD LIRA Kabupaten Mamuju atas laporan ijazah palsu Kades Leling terpilih. (Anhar)

(Anhar Toribaras)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar