banner 728x90

Jalan Rusak, Warga Minta Tanggugjawab Angkutan TBS

banner 728x90

Ruas jalan yang menghubungkan Desa Batuparigi – Desa Polongaan, pertanggal 04 Agustus, cukup rusak parah. (Mahfudz)

Mateng,Katinting.com – Kondisi jalan penghubung antara Desa Polongaan dan Desa Batuparigi, Kecamatan Tobadak, semakin memprihatinkan warga di dua desa ini, karena kondisinya makin memburuk.

Tentu bagi warga didua desa ini, menuding pelaku usaha angkutan Tandan Buah Segar (TBS) Sawit, menjadi pemberi kontribusi besar dalam kerusakan ruas jalan mereka yang makin parah, karena beban tonase yang tak sesuai keadaan jalan.

Menurut warga, pelaku usaha angkutan TBS yang lalu lalang diruas penghubung Batuparigi – Polongaan, tidak bisa lepas tanggungjawab terhadap makin rusaknya ruas diwilayah tersebut, karena tak bisa dipungkiri beban muat dari pelaku usaha angkutan TBS ini, memang tak sesuai kemampuan beban tonase yang harus melintas diatas ruas itu.

“Karenanya, pelaku usaha ini, juga memiliki andil yang besar pada perawatan ruas penghubung Polongaan – Batuparigi, sebab mereka dominan berkontribusi mengakibatkan kerusakan pada ruas ini,” sebut Nurdin, Selasa (04/08).

Warga lainnya, Antoni, juga menyampaikan keluhannya kepada pelaku usaha angkutan TBS Sawit, sebab sering bertemu angkutan TBS yang memang melebihi tonase dari kendaraan itu sendiri, yang sudan tentu sangat beresiko pada kondisi ruas jalan di Batuparigi – Polongaan.

“Olehnya, semestinya pelaku usaha TBS Sawit ini juga berterima kasih, dengan ikut merawat jalan disini, agar tak semakin bertambah rusak dan merepotkan bagi warga yang melintas diruas ini,” ujar Antoni.

Katanya, ada cara bagi pelaku usaha angkutan TBS Sawit yang lalu lalang di dua desa ini, sebagai bentuk tanggungjawabnya pada pemeliharaan ruas yang panjangnya mencapai 8 kilo meter ini, dengan cara menghambur sirtu ditiap titip ruas jalan yang ambles.

“Kan kendaraan mereka kalau belum memuat TBS Sawit, kosong, jadi mereka bisa isi sirtu saat menuju kelahan menjemput TBS Sawit, untuk mereka hambur diatas ruas jalan yang ambles, karena bisa dibayangkan saking rusaknya jalan tersebut, hanya 8 kilometer tapi ditempuh dengan waktu 40 menit bagi kendaraan setara avansa dan granmax, tapi kalau pelaku usaha ini ikut merawat, maka tak selama itu kita habiskan waktu melintas diatasnya,” pungkas Antoni.

(Mahfudz)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jalan Rusak, Warga Minta Tanggugjawab Angkutan TBS"