Istri Wapres RI Bangga dengan Produk Lokal Sulbar

Tidak ada komentar 221 views

Hj. Muhfida Jusuf Kalla di dampingi Wagup Sulbar H. Enny Anggraeny saat menyambangi salah satu stand untuk melihat kerajinan lokal Sulbar. (Foto Zulkifli)

Mamuju, Katinting.com – Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Hj. Muhfida Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Derkanas) bangga dengan produk lokal Sulawesi Barat.

Istri orang nomor dua di Indonesa ini menuturkan, satu produk lokal Sulbar yang sudah terkenal diseluruh Indonesia adalah sarung mandar (Lipa’ Sa’be). Bahkan dikampung kelahirannya Minangkabau, Sumatera Barat, sarung mandar tidak hanya dipakai sebagai sarung saja.

“Tetapi dipakai di kaitkan di leher, dan kalau ada pesta-pesta itu di kenakan di kepala dan di leher,” tuturnya.

Olehnya itu, dirinya meminta Derkanasda Sulbar untuk dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam rangka menggali potensi produk yang ada dan dapat dikembangkan.

“Kemudian dilanjutkan dengan memotivasi para pengrajin untuk tetap menghasilkan produk-produk kerajinan yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi,” pintanya.

Ia menyarankan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatih-pelatihan khususnya dibidang desain. Selain itu, meingkatkan kreativitas dan inovasi pengrajin dengan menggali motif-motif yang khas di Sulbar.

“Namun tetap menjaga nilai produk yang kita hasilkan. Karena itu untuk mempertahankan warisan budaya. Sehingga produk kita menjadi sangat di minati dan memiliki daya saing tinggi,” tutupnya.

Usai membuka kegiatan tersebut, Mufidah Jusuf Kalla melihat langsung sejumlah kerajinan yang telah dihasilkan oleh para pelaku UKM. Puluhan pelaku UKM datang dari enam kabupaten di Sulbar juga memamerkan produk kerajinannya.

Kerajinan-kerajinan yang ditampilkan mulai dari tenun sarung mandar, tenun sekomandi Kalumpang, kain tenun Mamasa, kopi Mamasa, kerupuk jamur, kerupuk jagung mekar hingga bakso ikan dan sejumlah produk kerajinan tangan lainnya.

Dari pantauan Katinting.com, disetiap stand yang dikunjungi, dirinya rela membeli dengan harga mahal hasil kerajinan tangan milik pelaku UKM yang menarik perhatinnya. Salah satunya dua Bakul nasi tradisional Mamasa yang terbuat dari kayu dibeli seharga Rp. 500.000.

(Zulkifli)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan