dprd sulawesi barat

Ini yang Akan Dilakukan TMMD ke 99 di Tapalang

126 views
banner 468x60

Anggota TMMD berfoto dengan anggota pramuka usia upacara. (Ft: Srf)

Mamuju, Katinting.com – TNI Manunggal  Membangun Desa (TMMD) kembali turun dimasyarakat untuk membantu pemerintah daerah menyelesaiakan sejumlah permasalahan yang ada. Kali ini kabupaten Mamuju Kecamatan Tapalang Desa Taang mendapatkan kesempatan itu.

Dari penyampaian Dandim 1418 Mamuju TMMD yang ke 99 akan melakukan kegiatan selama 30 hari mulai dari  tanggal 4 Juli sampai 2 Agustus dengan tujuan membantu meningkatan akselerasi pembangunan di daerah serta mewujudkan ketahanan negara yang tangguh.

“Program Fisik yakni mulai dari Peningkatan jalan sepanjang 2.365 M x 6 M, pemasangan gorong-gorong 8 Unit, Pembuatan jembatan 1 unit dengan ukuran 8 M x 6 M, pembuatan pos Kamling 1 unit, pembuatan jalan ke SD kecil dengan ukuran 50 M x 2 M, bedah rumah 1 unit, pembenahan dan pengecatan sekolah 1 unit, hingga pembutan rumah baca 1 unit,” kata Dandim 1418 Mamuju Arh Letkol Muh. Imran  saat upacara peresmian TMMD ke 99 di lapangan Bahagia Galung, Selasa (04/07).

Selain program fisik TMMD juga melakukan kegiatan nonfisik seperti sosialisai seperti penyuluhan Narkoba, penyuluhan KB dan HIV dan Pertanian dan penyluhan bela Negara salah satunya adalah terorisme, empat pilar kebangsaan hingga penyuluhan hukum.

“Sementara itu kita juga melakukan bakti sosial seperti Dinor darah, dan pengobatan  dan KB gratis,” ujarnya.

Lanjut Dandim 1418 Mamuju mengatakan bahwa TMMD tersebut menerjungkan pasukan sebanyak 150 orang yang terdiri dari TNI 125 orang dan tim tehnis campuran sebanyak 25 orang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Mamuju Habsi Wahid mendapat kesempatan untuk melepas dan membuka  TMMD ke 99 di Tapalang untuk langsung terjung kelapangan melakukan pekerjaan yang telah di programkan.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena ini dapat membantu pemerinta daerah dalam membangun peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Habsi.

Menurut Habsi kegiatan yang dilakukan oleh TMMD sangat tepat sasaran karena bisa menghubungkan dua desa yang masih terisolasi yakni Desa Bela dan Kopeang.

“Kami juga memberikan dukungan anggaran 1,5 Miliar untuk perbaikan jalan dalam TMMD ini, Kami akan lanjutkan tahun depan sisa 47 KM yang berlum bisa dikerjakan oleh TNI,” tutur Habsi.

Selain itu, pembukaan TMMD di Tapalang juga hadiri juga Wakil Bupati Mamuju,  Wakil Ketua DPRD. Mamuju Sugianto dan beberapa kepala OPD Lingkup Pemda Mamuju serta tokoh masyarakat Tapalang. (Srf)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar