banner 728x90

Ikuti Lomba Tari Daerah, Sanggar Laut Biru Polman Juara Satu Se-Indonesia

banner 728x90

Penampilan Sanggar Seni Tari Laut Biru asal Polman. (Dok. Istimewa)

Polman, Katinting.com – Sanggar Seni Tari Laut Biru asal Kabupaten Polewali Mandar keluar sebagai Juara satu   Se Indonesia baru-baru ini pada lomba yang diselenggarakan oleh Kampung Berseri Astra (KBA).

Sementara Juara Kedua adalah Pasirluyu dari Bandung dan Juara Ketiga dari Kemuning Yogyakarta.

Lomba yang di ikuti tersebut  merupakan kegiatan Semarak Kampung Berseri Astra kategori umum yang dilaksanakan online melalui aplikasi  TikTok dengan tema “Tarian Daerah” di buka sejak 18 Agustus dan pemenang lombanya di umukan pada tanggal 30 Agustus 2020.

Pelatih sekaligus pendiri Sanggar Tari Laut Biru, Ika Andriani mengatakan ia mengikutkan sanggarnya dalam perlombaan tersebut setelah mendapat info lomba tari dari Instagram. Merasa Sanggar Laut Biru miliknya punya kemampuan, ia pun mendaftakan Sanggarnya untuk ikut lomba.

Saat pihak panitia lomba mengumumkan para pemenang Tari Daerah Se Indonesia, Ika Andriani mengaku kaget lantaran tidak menyangka tarian daerah yang dibawakan anggotanya keluar sebagai pemenang juara satu. “Kaget bercampur bahagia saat tau sanggarku yang juara satu,” kata Ika Andriani.

“banyak yang ikut lomba, tapi saya sama anak tariku juga semangat mengikutinya. Alhamdulillah berkat latihan yang rutin membuahkan hasil yang memuaskan.” tambahnya

Ika Andriani mengaku, yang membuat dirinya ingin ikut  lomba tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana dirinya dan sanggarnya bisa melihat kualitas karya yang dibuatnya, mengingat lomba ini skala Nasional.

 “Sudah sering mengikuti lomba atau event yang skala Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. tapi baru kali ini sanggar kami mengikuti lomba secara online dan kami bersyukur  bisa jadi juara pertama dan tentunya bisa membawa nama baik Sulbar di kanca nasional dengan memperkenalkan budaya melalui tarian.” Kata Ika

Sangar Seni Laut Biru sendiri ia dirikan bersama Suaminya Putra Ardiansyah yang juga pemerhati lingkungan sejak 20 Mei 2019 dengan jumlah anggota sudah sekitar 83 Orang.

Sanggar Laut Biru ini juga sering mendapat undangan berbagai kegiatan sebagai pengisi acara bahkan sering diundang untuk menjemput tamu Daerah yang berkunjung ke Polewali Mandar

Ika Andriani berharap kedepannya sanggar yang ia bina terus bisa membawa nama baik Daerahnya dan memberikan peluang bagi para pecinta seni tari untuk tetap berkreasi berinovasi.

Adapun jenis tarian yang diikut lombakan adalah tarian sigayang dilalang lipaq atau bertarung dalam satu sarung dengan jumlah penari Empat Orang terdiri dari Dua Perempuan dan Dua Orang Laki-laki.

(*/Zulkifli)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Satu Respon
  1. Sulfian1 bulan ago

    Tolong dong vidio tarix di tayang….. Biar kita bs saksikan7

Tinggalkan pesan "Ikuti Lomba Tari Daerah, Sanggar Laut Biru Polman Juara Satu Se-Indonesia"