banner 728x90

PSI Lolos Verifikasi Kementerian Hukum dan HAM 2016

1057 views
banner 728x90
Ketua DPW PSI Sulbar

Ketua DPW PSI Sulbar

Mamuju, Katinting.com – Ketua Umum DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Barat, Nasrullah, SH dalam rilisnya kepada katinting.com menyampaikan beberapa hal atas lolosnya PSI sebagai satu-satunya partai baru yang lolos verifikasi kementerian Hukum dan HAM 2016.

Izinkanlah kami mengucapkan terimakasih banyak atas bantuannya selama ini, jikalau bukan karena bantuan dari rekan-rekan tidak mungkinlah PSI khususnya PSI Sulawesi Barat bisa dikukuhkan lulus verifikasi Kementerian Hukum dan Ham dan telah dikukuhkan berbadan hukum partai politik sebagai syarat untuk mengikuti verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019.

Melalui kesempatan ini pula, izinkanlah kami menyampaikan beberapa pernyataan sebagai berikut:

(1.) Bahwa lolosnya PSI sebagai Partai Politik baru tidaklah lepas dari perjuangan teman-teman DPW, DPD, DPC, dan relawan dana tau simpatisan PSI se Sulawesi Barat. Syarat bahwa Partai Politik harus memiliki kepengurusan minimal 100% kepengurusan DPW se-Indonesia, minimal 75% kepengurusan DPD di tiap Provinsi, serta minimal 50% kepengurusan DPC ditiap Kabupaten/Kota berjuang dipenuhi oleh rekan-rekan seperjuangan di Sulawesi Barat yang berbuah hasil sebagai berikut:

  • Terbentuknya 6 DPD dari total 6 kabupaten yang ada di Sulawesi Barat.
  • Terbentuknya 64 DPC PSI Se-Sulawesi Barat dari total 69 kecamatan yang ada di Sulawesi Barat.
  • Kepengurusan PSI di Sulawesi Barat, terdapat 207 orang pengurus DPC, 30 orang pengurus DPD, dan 7 orang pengurus DPW, serta relawan dan atau simpatian PSI yang tidak tercatat sebagai pengurus yang jumlahnya puluhan hingga ratusan tiap kabupaten.
  • PSI sengaja tidak merekrut para relawan atau simpatisan tersebut dalam pengurusan dikarenakan merupakan strategi PSI agar mudah lolos verifikasi, sistem kepengurusan yang ramping dan sederhana membuat PSI mudah mengatur jalannya organisasi dan memudahkan lolos verifikasi.
  • Demografi PSI Sulawesi Barat:
  1. Jenis Kelamin Pengurus PSI Sulawesi Barat
  2. Laki-Laki: 49% dan Perempuan: 51%. Usia Pengurus PSI se-Sulawesi Barat 17-24 Tahun: 55%, 25-32 Tahun: 39%, 33-40 Tahun: 6%

(2.) Bahwa PSI selanjutnya akan fokus kembali menghadapi persiapan verifikasi KPU untuk menjadi peserta pemilu 2019, perjalanan ini membutuhkan tenaga ekstra karena PSI harus merekrut anggota paling tidak minimal 1.000 (seribu) anggota tiap kabupaten/kota di Sulawesi Barat yang berarti 6.000 (enam ribu) anggota di seluruh Sulawesi Barat, bukan pekerjaan yang muda tetapi PSI adalah partai anak muda yang penuh dengan orang muda yang akan selalu bersemangat.

(3.) Bahwa pasca dikukuhkannya PSI sebagai Partai Baru yang lulu verifikasi Kementerian Hukum dan HAM, PSI mempersilahkan masyarakat yang ingin mendaftar sebagai anggota dan pengurus PSI di Sulawesi Barat, silahkan menghubungi DPW PSI, dan DPD-DPD PSI di setiap kabupaten/kota di Sulawesi Barat.

(4.) Bahwa berkaitan dengan adanya momentum Pilkada 2017 di Sulawesi Barat. PSI melalui surat edaran yang disampaikan oleh DPP kepada DPW se-Indonesia, bahwa PSI akan bersikap netral dan tidak mencalonkan serta mendukung siapapun secara institusi karena PSI memang belum memiliki hak untuk mencalonkan dan mendukung calon kepala daerah. Akan tetapi PSI khususnya PSI Sulawesi Barat akan selalu mendorong jaringannya se-Sulawesi Barat untuk tetap ikut berpartisipasi pada Pilkada Sulawesi Barat 2017 nanti dengan tetap memperhatikan pentingnya saling-menghargai dalam perbedaan, menebar kebajikan, merawat keberagaman, dan mengukuhkan solidaritas. (*)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.