banner 728x90

SDA dan SDM, Hingga Momentum Pilgub Sulbar

1470 views
banner 728x90

presentation1

Oleh : Givan Andra Pratama, ST

(Mahasiswa Pasca Sarjana STIE Amkop dan Pendiri Laskar Gerakan Pemuda)

 

Sulawesi Barat memiliki luas daratan 16.937,16 KM2, luas laut 20.342 KM2, serta panjang garis pantai 677 KM terletak pada posisi segitiga emas perbatasan dari Sulteng, Sulsel, Kaltim wilayah yang berhadapan langsung dengan selat Makassar lalu lintas pelayaran nasional dan internasional yang secara letak geografis sangat menguntungkan bagi perkembangan sosial dan ekonomi Provinsi Sulawesi Barat. Sebab Provinsi Sulawesi Barat sangat kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) nya di bandingkan dari beberapa provinsi di Indonesia  dan juga kaya akan Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

Secara geologi potensi sumber daya alam yang di miliki Provinsi Sulawesi Barat seperti Sumber Daya Alam abiotik ada batubara, emas, mangan, bijih besi, minyak dan gas, batu gamping, pasir kuarsa, zeolit, marmer, granit, dan yang paling fenomenal daerah ini memiliki kandungan uranium yang perlu di teliti lebih lanjut serta sumber daya air yang terbesar untuk pembangkit listrik. Selain itu ada kakao, padi, sawit, dan buah buahan lainnya.

Potensi tersebut perlu mendapat perhatian khusus kita semua, apabila tidak di kelolah dengan baik, tentunya akan berdampak negatif, akan tetapi jika dikelolah dengan baik dan bijak tentunya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sulbar.

Dari segi Sumber Daya Manusia, skill, dan kecerdasan putra putri Sulawesi Barat tidak diragukan lagi kehebatannya, sebab ada beberapa bahkan sangat banyak putra putri Sulawesi Barat sukses jadi pemimpin, pengusaha, dan lain-lainnya  di negeri Indonesia ini, sebut saja Jenderal Salim S Mengga yang pernah menjabat Pangdam XVI Pattimura, aggota DPR RI dan ada juga Hasanuddin Mas’ud yang dulunya pemuda biasa-biasa saja, namun  kini menjadi salah satu pengusaha yang sukses di tanah rantau atas perjuangannya yang luar biasa, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab, kedua tokoh tersebut bersatu menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur pada momentum Pilgub Sulawesi Barat.

Harapan penulis dan mungkin juga harapan pembaca bahkan mungkin harapan masyarakat Sulawesi Barat dengan kekayaan SDA dan SDM yang dimiliki agar daerah kita cintai ini dua kali tambah lebih  baik dengan semangat baru. (*)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.