banner 728x90

Karya Nyata ABM Untuk Pramuka, Sukses di Sulbar dan Tingkat Nasional

banner 728x90
Ali Baal Masdar (Tengah)

Ali Baal Masdar (Tengah)

Polman, Katinting.com – Tahun 2013 silam adalah tahun bersejarah bagi Gerakan Pramuka di Sulawesi Barat (Sulbar). Pasalnya, tahun tersebut untuk pertama kalinya Kwartir Cabang (Kwarcab) Polman Sulbar diberikan kepercayaan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas)  menjadi tuan rumah Kemah Budaya Nasional (KBN) III yang diikuti perwakilan Kwarcab Pramuka yang tersebar di 33 Provinsi di  Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan nasional pramuka tersebut berjalan dengan sangat sukses dan berkesan bagi para peserta yang hadir. Al hasil,  Bupati Polman saat itu Ali Baal Masdar (ABM) mendapatkan penghargaan Dharma Bakti atas loyalitas dan kepedulian dalam memajukan Gerakan Pramuka. Sedangkan adik kandungnya  Ibrahim Masdar sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulbar mendapatkan penghargaan berupa lencana melati. Lencana melati merupakan salah satu penghargaan tertinggi di Gerakan Pramuka.
Wakil Ketua Kwarcab Polman Aslina Syamsuddin, ketika ditanya, apa saja kontribusi berharga ABM sehingga Kemah Budaya Nasional yang ke-33 berjalan dengan sangat sukses?

Aslina Syamsuddin menjawab, sejumlah kontribusi ABM sebagai Bupati Polman kala  itu adalah membangun sarana dan prasarana di lokasi kegiatan. Misalnya dengan menambah fasilitas MCK yang permanen. Kemudian ABM selaku Bupati menugaskan seluruh Kepala SKPD Pemkab Polman untuk menjadi bapak angkat bagi setiap kontingen peserta. Dan kontribusi paling prestisius ABM adalah kemampuannya meyakinkan pihak Kwarnas Pramuka agar  Polman dipercaya menjadi tuan rumah dalam event bergengsi di Gerakan Pramuka tersebut.

“Polman Sulbar ditunjuk menjadi tuan rumah, padahal saat itu kita bersaing dengan dua  daerah lainnya yang bersiap jadi tuan rumah yakni  Riau dan Yogyakarta, itulah salah satu kelebihan Pak ABM dalam melobi,” kenang Aslina, saat via telpon yang tengah berada di Cibubur Jakarta mengikuti kegiatan Jambore  Pramuka Nasional, Senin (15/08).

Aslina sendiri dalam kegiatan Jambore Nasional Pramuka 2016 diamanahi menjadi Ketua Kontingen Kwarcab Pramuka Polman menceritakan bahwa jasa-jasa ABM sebagai Bupati Polman membuat Ketua Kwarnas Pramuka periode 2009-2014  almarhum Asrul Azwar mengapresiasi positif atas perhatian dan kepedulian ABM terhadap Pramuka, terlebih lokasi perkemahan bumi Cadika Polewali merupakan aset milik Pramuka yang menurut Asrul Azwar merupakan satu-satunya Kwartir Cabang di Wilayah Indonesia timur dengan fasilitas terlengkap dan  menjadi aset milik Pramuka.

“Sejak dulu saya sudah mengenal almarhum kak Masdar Pasmar (panggilan kak adalah panggilan akrab sesama anggota Pramuka-red) yang dengan rela dan ikhlas mewakafkan dirinya untuk Gerakan Pramuka hingga terwarisi kepada anak dan keluarganya,” ujar Aslina Syamsuddin  menirukan ucapan almarhum Asrul Azwar yang waktu itu mendengarkan langsung sambutannya saat penutupan kegiatan Kemah Budaya Nasional Tahun 2013 di Bumi Perkemahan Cadika Polewali. (*)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.