banner 728x90

Dialog Pencegahan Terorisme Dihadiri Sejumlah Lembaga dan Budayawan

banner 728x90

IMG_20160907_201400

Mamuju, Katinting.com – Forum Kordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Sulawesi Barat menghadirkan berbagai lembaga untuk mengantisipasi terjadinya aksi terorisme di Sulawesi Barat.

Kali ini dalam mewaspadai terjadinya aksi terorisme di Sulbar FKPT juga menghadirkan sejumlah tokoh adat dan budaya, serta lembaga kesenian.

Sebagaimana Sulbar termasuk daerah segitiga emas dari beberapa daerah misal Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah dimana baru ini ada aksi terorisme di Poso, dan kendati itu terjadi gerilya paham terorisme, Sulbar yang dekat dengan wilayah tersebut itu perlu di waspadai.

Dengan dihadirkannya tokoh adat guna dapat mencegah paham melalui paham budaya yang kental, paham adat dan budaya istiadat kita sudah hampir punah, ia mengurai anak-anak dan generasi Sulbar atas paham adat dan istiadat budaya mandar Sulbar perlahan hilang, banyak yang sudah tak kenal kearifan lokal, bahkan pancasila banyak yang kurang tahu.

“Kearifan Orang mandar adalah malaqbi kedo, malaqbi pau atau perkataan dengan yang diharapkan bisa sipakatau, sipakalabbi bisa saling menghargai satu dengan yang lainnya, inilah bentuk budaya Mandar,” Suardi Yasin. (Wahid)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.