banner 900x90

Hoax : Jihan Bisa di Adopsi

606 views
banner 900x90

Foto Eman dengan Jihan. (Istimewa)

Palu, Katinting.com – Banyak media memberitakan tentang gadis kecil bernama Jihan yang tetap tegar dan ceria pasca gempa dan tsunami yang menimpa Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Tentang Jihan yang tinggal di Gawalise, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga pertama kali diunggah oleh Bayu Andrein, vlogger asal Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, saat ikut bersama sejumlah relawan dari Yayasan Karampuang Mamuju untuk menggelar aksi trauma healing kepada sejumlah anak dititik pengungsian.

Namun kabar kurang sedap beredar jika Jihan bisa di adopsi, hal tersebut pun kemudian terbantahkan dan dianggap hoaks atau informasi tidak benar.

Brigpol Eman Sulaiman, SE., yang berada di Palu sebagai Tim Trauma Healing Polda Sulbar, melaporkan jika ternyata Jihan tinggal bersama bapak kandungnya yang bernama Aswat.

Selain ayah Jihan, dikediamannya juga tinggal Nenek, Om, tante dan sepupunya, terang Eman Sulaiman yang bertemu langsung dengan keluarga Jihan.

Foto Eman Sulaiman (kanan) bersama Jihan (tengah) dan Aswat (ayah dari Jihan). (Ft. Istimewa)

Dalam laporannya Eman juga menyebutkan, jika ibu Jihan menjadi TKI di Dubai. “Mereka memang terkena dampak gempa palu, namun tidak benar jika Jihan mau dan bisa diadopsi,” ungkapnya.

“Jadi info terkait jihan bisa diadopsi itu hoax, sekali lagi itu hoax,” tegas Eman yang juga Bhabinkamtibmas Polsek Mamuju, Polres Mamuju.

Sambung Eman, yang benar adalah jika anda ingin memberikan bantuan kepada Jihan dan keluarganya, ya silahkan. Karena rumahnya juga terkena dampak gempa. Sambung Eman.

Dari Palu Eman yang masih bertugas melakukan kegiatan pemulihan psikologis bagi korban gempa Palu, Sigi, Donggala menitipkan pesan agar bijak dalam bermedsos.

Tim dari Polda Sulbar ini akan bekerja sampai tanggal 27 Oktober nanti. Disamping bertugas sebagai trauma healing, disini juga melaksanakan tugas lainnya. Sambung Eman, seperti perbaikan bangunan warga yang terkena dampak gempa, memberikan bantuan logistik berupa sembako, juga memberikan pelayanan rohani bagi anak-anak korban gempa. “Karena tim kami dikombinasikan dengan tim ustadz dari Mamuju sekitar 10 orang, ustadz terlibat lansung ditempat pengungsian.”

Foto Jihan. (Ft. Bayu)

Tapi apapun itu. Semoga Jihan bisa menjadi alasan untuk kita menolong sesama di Palu karena masih banyak Jihan-Jihan yang lain membutuhkan pertolongan kita

Sementara itu, Bayu kepada Katinting.com menegaskan terkait postingannya, sehingga Jihan viral. Bahwa dia tidak pernah bilang Jihan tidak punya orang tua dan seolah bisa di adopsi.

“Saya pribadi tidak pernah mengatakan jihan kehilangan orang tua atau menyatakan Jihan butuh adopsi. Adapun yang berminat adopsi itu adalah empati yang terbangun dari setiap person,” pungkasnya.

Sambung Bayu, parahnya karena akun-akun tidak jelas membuat kesan seolah-olah Jihan harus di adopsi padahal saya tidak pernah mendengar ada permintaan itu dari pihak keluarga.

“Tapi apapun itu. Semoga Jihan bisa menjadi alasan untuk kita menolong sesama di Palu karena masih banyak Jihan-Jihan yang lain membutuhkan pertolongan kita,” pungkas Bayu.

Tonton selengkapnya vlog Bayu dengan klik dibawah.

Klik disini untuk tonton lengkapnya : NAMAKU JIHAN!!!

 

(Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.