dprd sulawesi barat

Gubernur Sulbar Jajaki Kerjasama Industri Kapal

Tidak ada komentar 191 views
banner 468x60

Gubernur Sulbar, Ali Baal (kanan) bersama sejumlah kepala OPD, tenaga ahli dan pihak PT. Industri Kapal Indonesia saat mengunjungi galangan kapal di Makassar. (NLA)

Mamuju, Katinting.com – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengunjungi kantor pusat galangan kapal PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) di Makassar, Senin (5/2) kemarin.

Dalam kunjungannya Ali Baal didampingi Nero Leo Adriani, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Hubungan Luar Negeri, Pusat dengan Daerah, Parman Parakassi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Khaeruddin Anas, Kepala Dinas Perhubungan dan Abd. Wahab, Kepala Biro Tata Pemerintahan.

PT. Industri Kapal Indonesia adalah BUMN yang ditugaskan oleh pemerintah untuk membangun industri perkapalan di seluruh Indonesia.

BUMN ini sedang merencanakan membangun industri galangan kapal dibeberapa lokasi di Indonesia timur untuk mewujudkan program Nawa Cita pemerintah dalam hal percepatan konektivitas Tol Laut.

Pada kesempatan tersebut Gubernur dan Direktur Utama PT. Industri Kapal Indonesia Edy Widarto melakukan diskusi, kemudian dilanjutkan meninjau langsung pusat industri kapal dan galangan kapal.

Kunjungan ini dalam rangka peningkatan kerjasama kelembagaan antara PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Potensi perairan Sulbar sangat mendukung untuk pembangunan industri kemaritiman dan urgensi dukungan ketersediaan galangan kapal. Mengingat Sulbar berada di wilayah strategis ALKI II dan berpotensi sebagai tempat persinggahan dalam sentral perdagangan laut di kawasan regional dan internasional.

Sulbar berpotensi lahir sebagai kota baru yang modern berbasis kemaritiman. Mengingat luas wilayah laut Sulbar berkisar 22.012 km2 dan coastal line 617, 5 km dengan didukung pulau lebih dari 40 Pulau. Sulbar juga memiliki potensi maksimum sustainable yield sebesar 1,026,599 ton per tahunnya dan tatakelola 64,334,9 ton per tahun (data statistik perikanan tangkap 2016).

Saat ini Sulbar telah ditopang sarana dan prasarana yang cukup memadai dengan jumlah pelabuhan laut sebanyak 17 buah yang terdiri dari pelabuhan umum, pelabuhan khusus, pelabuhan perikanan dan pelabuhan penyeberangan ferry.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sulbar optimis untuk kedepan bisa menjalin kerjasama dengan PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) untuk implementasi dari salah satu misi Pemerintahan Sulbar Membangun dan menguatkan konektivitas antar wilayah berbasis unggulan strategis.

(Rls/Anhar)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar