banner 728x90

Google News Initiative Latih Sejumlah Jurnalis di Mamuju

Suasana Google news Initiative Training Network. (Dok : Zulkifli)

Mamuju, Katinting.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar bekerjasama dengan Google News Initiative (GNI) dan Internews kembali menyelenggarakan Google news Initiative Training Network di Hotel Matos Maal Mamuju, Sabtu (19/10).

Training yang digelar selama dua hari ini dihadiri sekira 30 peserta yang berprofesi dibidang jurnalis di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) dan dua trainer yakni, Anhar dan Nurdin Amir, trainer tersertifikasi Google yang bekerja untuk AJI Indonesia dan Internews.

Untuk di wilayah Sulbar sendiri, Google news Initiative Training Network ini sebelumnya juga telah diselenggarakan di Polewali Mandar (Polman) tahun 2018 kemarin.

Fokus dari Training ini adalah mengasah keterampilan peserta untuk memanfaatkan sejumlah tools online guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang terindikasi hoax, serta melakukan pengecekan kebenaran rumor yang beredar di dunia maya.

Peserta akan belajar beberapa materi yang bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, dan beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

Melalui pelatihan ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan berbagai jenis tools bermanfaat tersebut dalam kerja jurnalistiknya.

Anhar, selaku trainer berharap kepada peserta yang mengikuti kegitan ini, nantinya mempunyai kemampuan lebih untuk melakukan verifikasi terhadap semua informasi dan berita yang beredar. Khususnya menggunakan tools Google yang selama ini tersedia tapi belum dimanfaatkan.

“Pada kesempatan ini kita memberikan pelatihan khusus untuk itu supaya wartawan tidak menjadi bagian dari penyebar hoaks, tapi bisa membantu masyarakat khususnya untuk memberikan penjelasan sebenarnya di masyarakat terkait informasi dan berita yang beredar,” kata Anhar.

Nurdin Amir, salah satu trainer sedang membawakan materinya. (Dok. Zulkifli)

(Zulkifli)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Google News Initiative Latih Sejumlah Jurnalis di Mamuju"