banner 900x90

Geografis Jadi Kendala Pengawasan Pemilu di Kalumpang

111 views
banner 900x90

Sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan Panwascam Kalumpang. (Anhar)

Mamuju, Katinting.com – Bertempat di wisma malaqbi Mamuju, Panwascam Kalumpang menggelar sosialisasi pengawasan pemilu yang menghadirkan sejumlah stake holder dari Kecamatan Kalumpang.

Dalam kegiatan ini tampil membawakan materi dari unsur Camat Kalumpang, kepolisian, KPU Mamuju dan Panwascam Kalumpang, dengan peserta juga dari Kalumpang seperti unsur Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, PPK dan media.

Komisioner Panwaslu Mamuju Muhammad Nur tampil membawakan materi meminta partisipasi aktif semua peserta untuk melakukan pengawasan secara tepat.

“Tolong awasi dengan tepat, kalau ada dugaan pelanggaran kita akan cermati, kalau terbukti baru akan ditindaki,” kata Muhammad Nur. Senin (11/6).

Ia juga berpesan agar para kepala desa berhati-hati, tidak memfasilitasi para Caleg dalam kegiatan kampanye, apalagi kalau sampai mengarahkan. Jelas itu pelanggaran, ucapnya.

“Kepala desa harus hati-hati, jangan sampai mengarahkan kepada calon tertentu, silahkan sampaikan saja pada warganya agar memilih yang baik menurutnya” kata Muhammad Nur.

Ketua Panwascam Kalumpang, Bahri J Paedin mengatakan tujuannya diadakannya sosialisasi pengawasan pemilu untuk membangun kerjasama dengan semua elemen khususnya di Kecamatan Kalumpang. “Bagaimana kita bisa meminimalisir pelanggaran,” ucapnya.

Lebih lanjut Bahri mengatakan, untuk di Kecamatan Kalumpang yang menjadi kendala pengawasan pemilu adalah letak geografis namun ia tetap optimis bisa bekerja dengan baik.

Bahri juga mengatakan, di Kecamatan Kalumpang masih terdapat kurang lebih 30 persen pemilih potensial belum memiliki E-KTP dari kurang lebih 8.000 daftar pemilih sementara, yang tersebar di 13 Desa dan 55 TPS.

Sementara seorang peserta, Pendeta Efendi sangat apresiasi yang dilakukan pengawas pemilu.

“Terima kasih apa yang dilakukan pengawas pemilu yang menghadirkan kami orang independen ditengah masyarakat, bukan petugas PPS atau PPK,” pungkasnya.

Sosialisasi pengawasan pemilu yang dilaksanakan Panwascam Kalumpang. (Anhar)

(ADV/Anhar)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.