banner 728x90

Edhy Prabowo : 3 Potensi Sulbar Sudah Menjadi Peluang Strategis

banner 728x90

Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan saat melakukan pemaparan didampingi Suhardi Duka, Hj. St Suraidah Suhardi dan Muhammad Idris. (HMS)

Mamuju, Katinting.com – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo,  melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Barat, Senin (8/6).

Tiba di Bandara Tampa Padang Mamuju, Edhy Prabowo mengikuti presentasi potensi pulau Balabalakang yang dilakukan oleh Sekprov Sulbar di room VIP Bandara Tampa Padang. Dalam kesempatan tersebut, Edhy Prabowo mengatakan, tiga potensi yang dimiliki Sulawesi Barat sudah menjadi peluang strategis, baik jumlah ikan, terumbu, dan potensi budidaya baik tawar maupun laut. Oleh karena itu,  tidak ada alasan lagi kedepannya tidak semangat untuk mengelola perikanan.

“Saat ini, membangun sektor perikanan dan kelautan harus dengan kemampuan yang kita miliki dulu. Kedepannya kita pelan-pelan melakukan penguatan sektor kelautan dan perikanan memalui dukungan negara berupa stimulus tanpa menunggu APBN perubahan. Mudah mudahan anggaran yang ada nantinya bisa kita share ke Sulawesi Barat untuk budidaya, tetapi jika APBN belum cukup kita bisa bekerjasama dengan pihak swasta. Tolong dicatat hal-hal yang urgen dulu,” ucap Edhy Prabowo

Masih Kata Edhy, permasalahan yang sering timbul adalah persoalan perizinan, padahal tambak-tambak yang ada saat ini tidak seharusnya memiliki izin, dengan semangat mereka untuk bertambak saja itu sudah bagus, artinya ada investasi yang berjalan dan produksi yang berlangsung, baru setelah itu kita kenakan pajak.

“Kita tetap harus memegang teguh tentang amdal, tetapi jangan jadikan amdal sebagai modus, intinya adalah pembinaan,” tandasnya

 Sekprov Sulbar, Muhammad Idris juga mengatakan potensi yang ada di Pulau Balabalakang sangat menjanjikan.

“Berbagai potensi pengembangan budidaya perikanan jaring apung, perikanan tangkap, dan potensi wisata bahari sangat luar biasa,” kata Idris

Ia juga menyampaikan, data penduduk yang saat ini berada di Bala-balakang berjumlah  kurang lebih 2802 jiwa dari 554 kepala keluarga yang menempati 11 pulau dari total 16 pulau yang ada di Bala-balakang.

“Berbagai bantuan sangat kita harapkan pada Bapak Menteri antara lain bantuan perikanan keramba budidaya ikan kerapu dan lobster, bantuan sarana dan prasarana komunikasi dan transportasi laut, serta yang paling di sering dikeluhkan oleh masyarakat Pulau Balabalakang adalah jauhnya pengambilan bahan bakar ke Kota Mamuju,” kata Idris.

Kedatangan Menteri Kelautan Dan Perikanan, Edhy Prabowo di sambut langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI dapil Sulbar , Suhardi Duka, Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar.

(ADV Kominfo Sulbar/Deni)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Edhy Prabowo : 3 Potensi Sulbar Sudah Menjadi Peluang Strategis"