banner 728x90

Duta Budaya Sulbar akan Kenakan Sekomandi di Kancah Nasional

Duta Budaya Sulbar 2019, Rahmawati Sahar saat terlibat dalam fashion festival tenun budaya Sulbar di Auditorium lantai IV kantor Gubernur Sulbar. (Foto Zulkifli)

Mamuju, Katinting.com – Duta budaya Sulawesi Barat (Sulbar) 2019, Rahmawati Sahar bakal menjadi salah satu finalis yang akan mewakili Sulbar di Pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2019 di Jakarta 20-25 Agustus mendatang.

Menjelang keberangkatan ke Jakarta, dia memaparkan kesiapan sudah mencapai 85 persen.

Hal tersebut dikatakan Rahmawati Sahar saaat terlibat dalam fashion festival tenun budaya daerah Sulbar di Auditorium lantai IV kantor Gubernur Sulbar, Senin (24/).

“Kesiapan sudah mencapai 85 persen. Dari segi kostum, saya siapkan kain tenun asli Kalumpang Mamuju yaitu Kain tenun Sekomandi, untuk diperkenalkan ke masyarakat luas nantinya,” ucapnya

Wanita kelahiran Limbung, 6 Maret 1999 ini juga mengaku sangat bersyukur karena dapat terlibat dalam Festival Fashion Show Tenun Andalan Sulbar, yang diinisiasi oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Destinasi Wisata Seni Budaya, Dinas Pariwisata Sulbar, Dra. HJ. Sariani Lasami sore tadi.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bisa hadir mengenakan langsung hasil desainer dari Ibu HJ. Sariani Lasami yang menggunakan aneka bahan tenunan Sulbar. Bahkan bisa disaksikan langsung Pak Sekprov Sulbar, Kadis Pariwisata Sulbar, Kepala BKKBN Sulbar, dan ratusan pasang mata yang menjadi undangan dan penonton,” ungkap gadis yang Hobbi berolahraga ini.

Dengan adanya event tersebut, dirinya selaku duta Budaya Sulbar 2019, berharap Kain Tenun Sulbar sebagai warisan Budaya dapat tetap dilestarikan bahkan dipromosikan secara luas.

“Semoga Tenun Andalan Sulbar ini jadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara agar berkunjung ke provinsi Sulbar. Dan saya berharap bisa menjadi inspirasi buat kaum muda agar bisa lebih mencintai kearifan lokal dan budaya yang ada di Provinsi ini,” harapnya. (Fir/Zul)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan