banner 728x90

Dukung Usaha Rintisan, Asri Anas Berharap Karya Mahasiswa Unsulbar Jadi Unicorn

Screenshot mahajek

Jakarta, Katinting.com – Anggota DPD MPR RI Asri Anas mengaku memimpikan ada sebuah perusahaan rintisan digital menjadi Unicorn (valuasi Rp 14 triliun) dari Sulawesi Barat.

Ia mengaku mengamati beberapa perusahaan berbasis digital yang diciptakan anak muda Sulbar. Termasuk aplikasi layanan transportasi online bernama Mahajek.

“Inovasi mahasiswa Unsulbar itu harus kita dukung. Mahajek ini unik karena mahasiswa menciptakan aplikasi untuk mahasiswa, jadi saling menguntungkan,” Jelas Asri kepada media.

Menurut penuturan Asri, pemerintah daerah, hingga legislator di DPR RI asal Sulbar harusnya memperjuangkan inovasi itu maju karena memiliki kewenangan lebih besar untuk membantu pengembangannya.

“Jika perusahaan yang awalnya jualan tiket saja seperti Traveloka bisa menjadi Unicorn mengapa perusahaan anak-anak kita tidak, setidaknya turut bersainglah,” tutur Asri.

Mahajek yang kepanjangannya adalah Mahasiswa Ojek Online, lanjut Asri bisa mendapat pendanaan dari beberapa lembaga yang selama ini fokus mendorong inovasi anak muda atau dari swasta yang hendak berinvestasi dengan perusahaan start-up di daerah.

Aplikasi itu tambah dia, harus diarahkan jangan hanya menjadi layanan ojek tapi dikembangkan lagi untuk menjangkau pasar luas. Potensi e-commerce yang dinikmati Bukalapak dan Tokopedia misalnya masih sangat besar. Apalagi jasa kurir yang sangat diperlukan menunjang e-commerce ini.

“Hitung saja ada berapa jasa kurir yang melayani jutaan transaksi E-commerce tiap hari di Indonesia? hanya sekitar 3 padahal pasar jasa kurir ini terakhir saya baca bisa bukukan nilai hingga lebih dari Rp 20 triliun per tahun. Pertumbuhannya pasti bagus,” jelas Asri.

Pendiri gerakan Kami Indonesia dengan berbasis inovasi digital ini merasa bangga dengan pendiri, Mahajek Haikal Fikri. Ia mengaku telah mencari tahu tentang mahasiswa kelahiran Polman yang mendirikan Mahajek bersama kawannya itu.

Asri ingin berbincang lebih jauh dengan Haikal Fikri dan pendiri Mahajek lainnya untuk mengetahui kelanjutan aplikasi yang didirikan 2017 lalu. Di tengah kesibukannya, sebagai anggota DPD MPR RI, ketua KKMSB dan juga mengurus gerakan Kami Indonesia, Asri selalu senang meluangkan waktu dengan anak muda kreatif.

“Saya sangat senang dengan anak muda yang ingin mengembangkan teknologi menghadapi revolusi Industri 4.0 ini. Setidaknya berbuat dulu,” tuturnya.

(Rls/Anhar)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan