banner 900x90

Dukcapil Pasangkayu Luncurkan Layanan SIVALIDA

279 views
banner 900x90

Kadis Dukcapil Pasangkayu Irfan Rusli Sadek. (Arham)

Pasangkayu, Katinting.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dikcapil) Kabupaten Pasangkayu kembali melakukan terobosan dalam mewujudkan pelayanan masyakat yang prima melalui SIVALIDA.

SIVALIDA adalah singkatan dari Sinergitas dan Validasi Data, yaitu kerjasama antara dinas Dukcapil dan kantor pelayanan BPJS Kesahatan Pasangkayu yang belum lama ini diluncurkan.

Kadis Dukcapil Pasangkayu Irfan Rusli Sadek saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/5) menjelaskan, SIVALIDA merupakan layanan all for one atau 4 in 1. Layanan terpadu ini diharapkan mampu mengakomodir pendataan dan validasi data warga empat sekaligus dalam tempo bersamaan.

“Kami berharap adanya program kerjasama ini (Sivalida) dapat memudahkan pelayanan, terutama pengurusan akta kelahiran. Sebab, warga juga langsung memperoleh kartu keluarga, kartu identitas anak serta kartu jaminan kesehatan nasional,” jelas Irfan.

Selain BPJS, lanjut Irfan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk melakukan hal yang sama, agar memudahkan proses pembuatan kartu JKN terkait pengusulan baru.

Selama ini, Dukcapil dinilai mampu merubah stigma miring pelayannan birokrasi di tengah masyarakat menjadi lebih baik.

Namun, mantan Kabag Humas Sekda Pasangkayu menambahkan masih banyak yang perlu dibenahi di internal lembaganya.

Pasalnya, ia kadang mendapat laporan masyarakat terkait pelayanan staf yang kurang memperhatikan etika kerja.

Sebab itu, ia berjanji akan merespon baik semua laporan warga sebagai bahan evaluasi dengan menindak tegas staf yang lalai terhadap tugasnya selaku pelayan masyarakat.

Gambar SIVALIDA. (Arham)

(Arham Bustaman)

banner 900x90
Berita Sulbar
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.