banner 728x90

Master Plan Jalur KA Sulbar Sedang Dirampungkan

2489 views
banner 728x90
Dishubkominfo Sulbar Rampungkan Master Plan Jalur KA Sulbar

Ilust, net

Katinting.com, Mamuju – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mesti mempersiapkan master plan atau rencana induk terkait dimasukkan dalam pilot project pembangunan jalur kereta api.

Dimana saat ini, menurut, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dam Informatika (Dishubkominfo) Sulbar, Khaeruddin Anas, telah memasuki tahap perampungan master plan pembangunan rel kereta api mulai Polewali Mandar (Polman) – Mamuju hingga Mamuju – Pasangkayu.

Pihaknya mengaku, mesti menganggarkan sekira 2 miliar melalui APBD 2016 khusus untuk pembuatan master plan jalur kereta api tersebut.

“Sementara kami konsultasikan dengan Kemenhub (kemenetrian Perhubungan,red) mengenai master plannya. Untuk pembangunan stasiunnya, pemerintah pusat menganggarkan sekitar 31 triliun,” kata Khaeruddin.

Master plan pembangunan jalur kereta api akan dirampungkan dalam tahun ini. Sebab kata Khaeruddin, setelahnya, Dishubkominfo Sulbar mesti konsentrasi pada rencana pembebasan lahan masyarakat yang tersentuh proyek jalur kereta api.

Pembebasan lahan diupayakan dapat terselesaikan di 2017. Namun sayangnya, Khaeruddin masih enggan menyebutkan total anggaran yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan masyarakat tersebut.

“Kemampuan anggaran daerah sangat terbatas. Ada pertimbangan prioritas di lokasi mana saja yang akan dilalui jalur kereta api. Kami juga berharap dukungan anggaran dari Kemenhub,” ujarnya. (danJuve)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.