banner 728x90

Dinsos Mateng Sasar Penerima BPNT

Tidak ada komentar 352 views
banner 728x90

Kepala Dinsos Mamuju Tengah, Asmira Djamal, saat menyampaikan himbauan disimpul KPM penerima BPNT. (Ist.)

Topoyo, Katinting.com – Ditengah pandemi wabah virus corona, pemerintah melakukan pembatasan ruang sejumlah aktivitas warga, tidak terkecuali diberlakukan disejumlah daerah di Indonesia termasuk Mamuju Tengah.

Dampak pembatasan ruang gerak warga ini, melalui Social Distancing yang kemudian berubah menjadi Physical Distancing, membuat warga nyaris kehilangan ruang aktivitas, khusus bagi mereka yang masuk dalam kategori keluarga kurang mampu dan mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah. Sehingga meraka saat ini paling merasakan kesulitan ekonomi.



Untuk itu, Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Tengah, melakukan gerak cepat, menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang jumlahnya di Mamuju Tengah mencapai 3200 KK, dan penyaluran perda dimulai dari Desa Tasokko, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah.

Kepada Katinting.com, Kepala Dinas Sosial, Asmira Djamal, mengungkapkan bahwa untuk Maret sampai Agustus, KPM mendapatkan tambahan besaran nilai bantuan yang tadinya hanya dikisaran Rp. 150 ribu, namun untuk Maret sampai Agustus ada tambahan sebesar Rp. 50 ribu, sehingga total yang besaran yang mereka nanti terima adalah Rp. 200 ribu.

“Tambahan tersebut, merupakan subsidi pemerintah pusat untuk lebih meringankan KPM dampak dari kesulitan ekonomi warga akibat wabah Corona yang saat ini kita perangi bersama,” ungkap Asmira.

Menurutnya, metode pembagian BPNT ini kepada KPM juga sudah berubah metodenya, dimana tahun lalu disalurkan lansung kerekening KPM, namun dalam evaluasi pemerintah jika diserahkan kerekening bakal tak tepat sasaran peruntukan belanjanya, sebab itu digunakan e-warung.

“Jadi model penyalurannya, lansung berupa barang, dengan model, dananya diserahkan kepada warung yang ditunjuk oleh KPM, lalu KPM mengambil barang secara bertahap sesuai kebutuhannya hingga porsi anggaran tiap KPM abis,” tutur Asmira.

Selain melakukan penyaluran perdana, di Desa Tasokko, Dinsos juga memanfaatkan pertemuan dengan KPM di Tasokko, menyampaikan himbauan agar bersama sama menghadapi perang wabah Covid-19, dengan memperhatikan himbauan pemerintah.

“Kami juga mengingatkan kepada KPM agar mari bersama sama, menjaga diri dan keluarga dari bahaya wabah Covid-19, dengan selalu memperhatikan apa himbauan pemerintah, untuk sementara menjaga jarak, menghindari melakukan pertemuan yang melibatkan banyak orang, dan itu ditiap simpul KPM kami menggunakan kendaraan pengeras suara menyampaikan himbauan ini, termasuk kemudia kami juga menyiapkan cairan Handsanitizer kepada pemilik warung, sehingga tiap KPM yang datang belanja, terlebih dahulu mencuci tangan,” tutup Asmira.

Kepala Dinsos Mamuju Tengah, saat menyerahkan bantuan Handsanitizer kepada salah seorang pemilik warung di Tasokko,Kec. Karossa. (Ist.)

(Mahfudz)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinsos Mateng Sasar Penerima BPNT"