Dihadiri Istri Wapres RI, Gubernur Sulbar Berharap Bisa Sinergi dengan Derkanas

Hj. Muhfida Jusuf Kalla saat memberikan sambutan pada kegiatan yang berlangsung di Mamuju, Sulbar. (Foto Zulkifli)

Mamuju, Katinting.com – Hj. Muhfida Jusuf Kalla, Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Derkanas) bersama rombongan bertandang ke Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/3).

kehadirannya di Mamuju membuka kegiatan dalam rangka sinergi program  yang diselenggarakan oleh kementerian koperasi dan UMK (KUMK) dengan Derkanas dan TP PKK Sulbar yang berlangsung sejak hari ini, Senin 18 – 20 Maret 2019.

Sejumlah agenda Hj. Muhfida Jusuf Kalla di Mamuju diantaranya, temu mitra UKM produk unggulan di daerah, konsultasi dan pemberkasan sertifikasi hak cipta produk UKM, sosialisasi bimbingan teknis dan bergulir LPDB-KUMKM, penyuluhan perkoperasi kepada kelompok usaha bersama pra koperasi, pelatihan vocational, pelatihan perkoperasian, pelatihan kewirausahaan.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar ada 400 orang pengusaha dari Sulbar. Selain pelaku UKM dari sulbar dalam enam perwakilan dari Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), Sulawesi Tengah.

Mufidah Jusuf Kalla juga memberikan bantuan dana kepada sejumlah UKM di Sulbar dan Pasigala, jumlahnya berfariasi dengan total bantuan kurang lebih 200 juta rupiah.

Sementara itu, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar berharap ada sinergi antara Derkanas dengan instansi terkait untuk merencanakan berbagai program strategis untuk meningkatkan daya saing produk-produk pelaku UMKM di Sulbar.

“Saya berharap ke ketua Derkanas untuk dapat memberikan perhatian, pembinaan kepada pelaku UMKM yang ada di provinsi ke 33 ini,” ujar Ali Baal Masdar.

Ali Baal juga berharap, dengan kehadiran ketua Derkanas di Sulbar dapat meningkatkan kemajuan di Sulbar terutama dalam pengembangan produk-produk pelaku UKM.

Ditempat yang sama, Selaku Ketua Derkanas, Muhfida Jusuf Kalla mengatakan provinsi ke-33 ini memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan seperti tenun, kerajianan tangan, dan lain-lainnya.

(Zulkifli)

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan Balasan