dprd sulawesi barat

Dari Kalukku Menuntut Ilmu Sampai Negeri Belanda

1392 views
banner 468x60

Victor Matanggaran. (Ist)

Mamuju, Katinting.com – Persoalan ekonomi seolah tidak menjadi alasan bagi siapa saja yang ingin menuntut ilmu, ia akan mencari jalan dan berusaha untuk menggapai cita-citanya. Seperti pria asal Des Lekbeng, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, namanya Victor Matanggaran, yang berhasil menyelesaikan pendidikan S2 di University of Twenty Belanda.

Sosok pria yang bisa menjadi inspirasi anak muda zaman sekarang tersebut berasal dari bapak hanya seorang petani. Ia menyelesaikan sekolah dasar di SD INP Lekbeng tahun 2005, ia melanjutkan pendidikan SMP Negeri 1 Kalukku selesai tahun 2008, kemudian menyelesaikan pendidika atas di SMA Negeri 1 Kalukku pada 2011. Tidak berhenti disitu ia juga kemudian mengenyam pendidikan di di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) mengambil jurusan Psikologi dan akhirnya selesai menjadi Sarjana  S1 pada tahun 2015.

Victor Matanggaran tidak hanya sampai disitu menuntut ilmu, ia kemudian menerima beasiswa LPDP dari kementerian keuangan dan melanjutkan pendidikan di Negeri Belanda, di University of Twenty dengan jurusan Psikologi Konflik, Resiko dan Keamanan, dan akhirnya menyelesaikan pendidikan S2 pada tahun ini 2017.

“Saya sejak kuliah di Makassar sudah punya keinginan kuat untuk sekolah di luar negeri, jadi saya terus mempersiapkan diri sejak tahun 2014 untuk mengikuti seleksi LPDP. Puji Tuhan saya lolos menjadi penerima beasiswa pada tahun 2016 dan mendapat pembekalan bahasa Inggris selama 4 bulan hingga berangkat ke Belanda pada Januari 2017. Saya menyelesaikan studi saya dalam durasi yang termasuk paling cepat diantara mahasiswa lain yaitu 10 bulan. Semua tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga dan sahabat serta kerja keras,” pungkas Victor Matanggaran.

Secara khusus kepada media ini, Victor Matanggaran, menuturkan rasa bangganya bisa menjadi bagian dari penerima beasiswa LPDP dan terlebih lagi karena bisa menjadi mahasiswa di Belanda.

“Saya menikmati proses belajar saya dengan menambah teman-teman baru dan tentu ilmu baru. Ada banyak tantangan menjadi mahasiswa di luar negeri terutama berkaitan dengan muatan materi pelajaran dan tugas yang banyak. Disamping itu, sistem yang diberlakukan di belanda membuat mahasiswa yang berasal dari negara-negara berkembang seprti Indonesia harus banyak beradaptasi. Meskipun banyak tantangan, menikmati pengalaman baru adalah hobi saya. saya suka tantangan dan inovasi,” ceritanya.

Spesialisasi saya di bidang psikologi konflik, resiko dan keamanan. Sambung Victor Matanggaran menceritakan, Bidang keilmuan ini banyak beririsan dengan psikologi forensik. Institusi yang berkaitan dengan intervensi keamanan adalah tempat yang cocok untuk saya bekerja. Sejauh ini saya masih menunggu peluang yang ada, namun jelas saya akan mengambil bidang pekerjaan yang berkaitan dengan riset dan pengembangan.

Selain itu Victor Matanggaran juga memberi inspirasi dan semangat kepada generasi muda Sulbar, “Meskipun kita provinsi yang termasuk baru berkembang, tidak ada alasan untuk kita tidak bisa setara dengan mereka yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Teruslah bermimpi dan yakin pada mimpi mu. kemudian barengi dengan doa dan kerja keras maka pasti kita akan sampai pada cita-cita mulia kita. Semua berawal dari mimpi,” ucapnya.

(Rati/Anhar)

Pencarian Terkait

Ali Baal Masdar